2019, JLS Tulungagung-Trenggalek akan Tersambung

Pemandangan pantai selatan yang eksekotis banyak ditemui saat menyusuri JLS Tulungagung.

Tulungagung, Bhirawa
Tahun 2019 depan pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) di Tulungagung kembali dikerjakan. Rencananya, dengan pengerjaan proyek nasional tersebut antara Tulungagung dan Trenggalek segera tersambung.
Kepala Bappeda Kabupaten Tulungagung, Ir Suharto, Selasa (18/12), mengungkapkan sudah ada rencana kelanjutan dari pembangunan JLS yang akan menghubungkan antara Tulungagung dan Trenggalek. “Nanti tahun 2019 akan dibangun jalan baru sepanjang 7,9 km. Ini akan menghubungkan wilayah Klatak di Kecamatan Besuki (Tulungagung) dan wilayah Kabupaten Trenggalek,” ujarnya.
Menurut dia, proses pengerjaan JLS sudah dalam proses lelang. “Sudah dicukupi perizinannya. Perhutani sudah. Amdal lalin juga sudah, sehingga persyaratan untuk lelang sudah dicukupi,” paparnya.
Suharto memastikan pembangunan jalan baru pada tahun 2019 di JLS akan dilakukan bertahap. Yakni sepanjang 4,4 km antara Klathak dan batas wilayah Trenggalek serta sisanya antara Besole menuju ke Brumbun.
Menjawab pertanyaan, Suharto menandaskan untuk pembebasan lahan JLS tidak lagi menggunakan tukar guling seperti awal pengerjaan JLS. Sesuai dengan aturan yang baru penggunaan lahan untuk proyek nasional dipermudah. “Sekarang cukup dengan penggunaan saja, tidak seperti dulu yang tukar guling,” terangnya.
Saat ini, lanjut mantan Kepala Bagian Pembangunan Setda Kabupaten Tulungagung ini pembangunan jalan dari Brumbun menuju Sine sudah dibuka. Sedang dari Sine menuju Pucanglaban masih dalam proses perizinan.
Suharto mengaku tidak mengetahui secara pasti berapa anggaran yang disediakan untuk pembangunan JLS di Tulungagung. Ia beralasan semua pengerjakan JLS dilakukan dan ditanggung oleh Pemerintah Pusat.
Untuk diketahui, JLS yang melewati Kabupaten Tulungagung rencananya sepanjang 54,98 km. Panjang jalan tersebut mulai dari perbatasan Tulungagung dengan Kabupaten Blitar dan Tulungagung dengan Kabupaten Trenggalek.
Pembangunan JLS yang sudah selesai di sebagian wilayah Tulungagung membuat berkah tersendiri bagi pengembangan wilayah selatan Tulungagung. Utamanya, dalam sektor pariwisata pantai. [wed]

Tags: