Jelang Kongres, Megawati Soekarnoputri Nyekar Makam Bung Karno

Jelang Kongres, Megawati Nyekar Makam Bung Karno

Blitar, Bhirawa
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berziarah ke makam ayahandanya, sang proklamator kemerdekaan RI, Soekarno, di Kota Blitar, Senin (5/8/2019).
Ziarah ini dilakukan Megawati tiga hari jelang dimulainya Kongres V PDI Perjuangan yang akan berlangsung di Bali 8-10 Agustus.
Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno mengatakan, ziarah dilakukan Megawati karena PDI Perjuangan bakal punya gawe organisasi lima tahunan, yakni Kongres V.
“Tiap kali PDI Perjuangan akan melakukan kegiatan besar, seperti Kongres Partai, Ibu Megawati berziarah ke makam ayahandanya, Bung Karno. Selain mendoakan arwah Bung Karno, Ibu Ketum juga berdoa agar gawe besar yang akan dilakukan Partai bisa berjalan lancar,” kata Untari, di lokasi makam Bung Karno.
Harapannya, tambah Untari, keputusan yang dihasilkan Kongres nanti, tak hanya bermanfaat bagi Partai, tapi yang lebih penting untuk kepentingan yang lebih besar bagi bangsa dan negara.
“Agar NKRI tetap terjaga dalam bingkai ideologi Pancasila, dan kemakmuran rakyatnya makin meningkat,” tuturnya.
Selain menghadapi gawe organisasi, tambah Untari, Megawati juga biasa nyekar saat menjelang bulan Ramadhan. Tradisi nyekar ini, jelasnya, sudah dilakukan Megawati setiap tahun.
Megawati tiba di komplek makam Bung Karno siang hari, setelah melalui perjalanan darat dari Bandara Abdulrahman Saleh, Malang.
Presiden ke-RI tersebut didampingi beberapa pengurus DPP PDI Perjuangan. Di antaranya Wakil Sekjen Ahmad Basarah dan Eriko Sutardoga, Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat, Idham Samawi, dan Andreas Hugo Pariera.
Selain Untari,jajaran pengurus DPD juga ikut mendampingi Megawati, Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, para wakil ketua seperti Whisnu Sakti Buana, Dewanti Rumpoko, Hari Putri Lestari, Ida Bagus, Wakil Sekretaris SW Nugroho, Wakil Bendahara AI Sulistyorini.
Para Ketua, Sekretaris, dan Bendahara DPC PDIP dari Malang Raya, Blitar Raya dan sekitarnya juga nampak hadir.
Beberapa kepala daerah dari PDI Perjuangan juga ikut hadir, di antaranya dari Kota Batu, Kota dan Kabupaten Blitar. (geh.htn)

Tags: