36 Pengangguran Terdidik Digembleng Multimedia

5-Kadisnaker Pelatihan-Kar-1Kota Mojokerto, Bhirawa
Tekad Pemkot Mojokerto mengurangi angka pengangguran di wilayahnya ternyata sangat serius. Setelah pekan lalu menggelar job fair yang menyediakan 2.875 lowongan, melalui Disnakertrans menggelar pelatihan. Sedkitnya 36 tenaga pengangguran kategori terdidik digembleng ilmu multimedia dan dilatih menjadi wirausaha yang mandiri.
”Rata-rata mereka ini baru lulus dari SMA dan SMK. Kita didik mereka materi multimedia, agar dapat mandiri menjadi wiraswasta dan pada akhirnya bisa menyerap tenaga kerja,” ujar Amin Wachid, Kepala Disnakertrans Kota Mojokerto usai membuka pelatihan tenaga kerja mandiri, Senin (16/6) kemarin.
Peserta bakal dilatih selama tujuh hari untuk menjadi tenaga kerja mandiri dan siap pakai. Materi lebih banyak pada aplikasi. Selain itu, mereka juga diajak studi banding ke dunia usaha yang sudah berjalan. Kegiatan pelatihan, dilakukan sebagai upaya optmalisasi perluasan sektor kerja informal. ”Ini merupakan program jangka pendek kita. Tujuannya memperluas kesempatan kerja dan meningkatkan penempatan kerja,” imbuhnya.
Data di Disnakertrans Kota Mojokerto, angka pengangguran terbuka di Kota Mojokerto tahun 2012 sebesar 7,31%, dan tahun 2013 sebesar 5,68%. Sedangkan pogram kerja Disnakertrans tahun¬† 2014 untuk¬† menurunkan angka pengangguran diantaranya menginformasikan Lowongan Kerja secara online. Selain itu, juga bekerjasama dengan perusahan serta menggelar pelatihan produktif bagi pencari kerja. ”Target kita menurunkan angka pengangguran hingga dibawa 5%,” janji Amin Wachid.
Pelatihan yang digelar kemarin tampak diikuti antusias peserta. Selain materinya up to date, mereka yang rata-rata baru lulus mengaku senang karena mendapatkan pengalaman baru. ”Agar kita nanti bisa bersaing di dunia kerja. Syukur kalau bisa berwirawasta sendiri,” ujar Dany, salah seorang peserta pelatihan asal Kel Surodinawan, Kota Mojokerto. [kar]

Keterangan Foto : Amin Wachid Kadisnakertrans Kota Mojokerto menyematkan tanda kepada peserta pelatihan, Senin (16/6) kemarin. [kariyadi/bhirawa]

Tags: