Aji Santoso Resmi Perpanjang Kontrak dengan Persela

Aji Santoso

Lamongan, Bhirawa
Masa depan Aji Santoso di Persela Lamongan berlanjut. Manajemen memutuskan mempertahankan Aji Santoso sebagai pelatih kepala. Pelatih asal Malang itu bersedia memperpanjang kontraknya di Persela untuk satu musim ke depan. Ini akan menjadi tahun keempat bagi Aji Santoso di Persela.
“Kami sepakat melanjutkan kerjasama. Beliau juga tidak ragu bersedia memperpanjang kontrak untuk musim 2019,” ungkap Edy Yunan Achmadi manajer Persela, Rabu (2/1).
Tahun pertama dan kedua, Aji Santoso datang sebagai pelatih pengganti. Barulah di tahun ketiga kompetisi Liga 1 2018, Aji Santoso membesut Persela sejak awal musim. Di musim itu pula Persela menjadi salah satu tim yang tidak ganti pelatih.
Keputusan memperpanjang kontrak Aji Santoso ini berdasarkan berbagai macam pertimbangan. Salah satunya mengawal proyek jangka panjang Persela, karena dihuni sebagian besar pemain muda.
“Ini komitmen manajemen membangun sebuah tim. Komposisi pemain musim 2018 mayoritas baru dan berusia muda. Jadi untuk musim depan, harus dikawal dengan pelatih yang sama biar lebih matang,” ungkap Edy Yunan Achmadi, manajer Persela.
Perjalanan Aji sebelumnya pada musim pertama bersama Persela pada tahun 2016, Aji Santoso menggantikan posisi Sutan Harhara kala itu.
Aji Santoso menjalani debut pada pekan ke-20 ISC A saat Persela menjamu Persija Jakarta 16 September 2016.
Di musim 2017, Aji Santoso kembali dipercaya menggantikan Herry Kiswanto dan menyelesaikan sebelas pertandingan sisa dengab catatan kalah 6 kali, menang 5 kali dan 1 kali seri. Dari sebelas pertandingan itu, 5 kali pertandingan kandang belum tersentuh kekalahan.
Kemudian di musim 2018, Aji menukangi Persela sejak awal musim. Persela menduduki peringkat 13 dengan raihan 43 poin dari 11 kali menang, 10 kali seri dan 13 kali kalah.
Berdasarkan catatan itu Aji Santoso kembali mengukir prestasi tak pernah kalah di kandang. Dari 17 laga kandang, 7 kali pertandingan diantaranya berakhir seri.
Sementara itu untuk perkembangan skuad Persela Lamongan diketahui Lebih dari separuh pemain skuat musim 2018 masih memiliki sisa kontrak di Persela.
Kompetisi Liga 1 2019 musim depan diperkirakan bergulir Mei. Seluruh kesebelasan pun tampaknya sudah bersiap menyambut bursa transfer. Namun, Persela tak buru-buru merekrut pemain baru, meski sudah ada pembicaraan dengan sejumlah pemain bidikan. Sejauh ini, Laskar Joko Tingkir memiliki 15 pemain yang masih menjadi bagian dari tim kebanggaan warga Lamongan.
Dari 15 pemain itu hanya Syahroni dan penjaga gawang Muhammad Ridwan sisa kontrak akan berakhir Januari 2019. Sedangkan Dendy Sulistyawan dan Gian Zola Nasrullah Nugraha, kembali ke klub asal karena berstatus pinjaman.
Sementara, tiga pemain asing yakni Diego Assis, Wallace Costa Alves dan Loris Arnaud tidak lagi berseragam Persela musim depan. Mereka terpaksa dilepas karena tidak ada kesepakatan perpanjangan kontrak.
“Mereka sebagian besar pemain muda potensial. Saya harap mereka tidak cepat puas dengan kemampuan saat ini. Harus ditingkatkan agar bisa jauh lebih berkembang,” kata Edy Yunan Achmadi, Manajer Persela.
15 pemain tersebut memiliki opsi diperpanjang kontrak untuk beberapa tahun ke depan. Namun, saat ini manajemen Persela masih menunggu laporan dari tim pelatih sekaligus rekomendasi pemain yang masih layak dipertahankan.
“Sebelum ke Eropa untuk kelanjutan kurus pelatih AFC Pro, Coach Aji dan pelatih lain akan menyampaikan laporannya kepada manajemen dalam waktu dekat ini. Itu juga termasuk siapa saja pemain yang masih layak dipertahankan. Jadi, pemain yg sudah habis kontraknya belum tentu tidak diperpanjang,” ujar Yunan. [mb9]

Daftar Pemain yang Memiliki Sisa Kontrak di Persela:
1. Dwi Kuswanto (Gk)
2. M Ridwan (Gk)
3. Arif Satria
4. Moch. Zaenuri
5. Aed Tri Oka
6. Birrul Walidain
7. Eky Taufik
8. Samsul Arifin
9. Ahmad Subagja Baasith
10. Syahroni
11. Fahmi Al Ayyubi
12. Saddil Ramdani
13. Sugeng Efendi
14. Sendy Pratama
15. Ghivari Vaiz Aditya

Tags: