Arief Boediono: Pembentukan Pansel Lelang Jabatan Masih Izin KASN

Arief Boediono

Tulungagung, Bhirawa
Seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama yang rencananya akan dibuka pada Agustus 2020 ini dipastikan akan molor. Masalahnya, saat ini Pemkab Tulunaggung masih menunggu izin dari Komite Aparatur Sipil Negera (KASN) untuk pembentukan panitia seleksi (pansel).

“Masih proses izin di KASN. Jadi belum terbentuk pansel-nya,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Tulungagung, Arief Boediono, Senin (17/8).

Menurut dia, ada delapan jabatan eselon II atau pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemkab Tulungagung yang saat ini kosong tanpa pejabat definif. “Kami pun belum tahu jabatan mana saja dari delapan jabatan yang kosong tanpa pejabat itu akan dilelang atau dengan mutasi,” sambungnya.

Seperti diketahui, sejak Juli 2020 lalu ada delapan jabatan eselon II yang kosong di lingkup Pemkab Tulungagung. Delapan jabatan tersebut masing-masing adalah Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Kepala Satpol PP, Sekretaris DPRD Tulungagung, Asisten II Sekda dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Informasi yang diperoleh, dari delapan jabatan eselon II yang kosong tujuh di antaranya akan diisi melalui lelang jabatan. Sedang satu jabatan lagi bakal diisi dengan mutasi.

Satu jabatan eselon II yang akan diisi dengan mutasi pejabat itu adalah jabatan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung.

Sebelumnya, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, sudah pula menegaskan akan membentuk lagi pansel jabatan eselon II karena kini ada relatif banyak jabatan eselon II yang kosong. “Soal lelang jabatan kami sudah tindak lanjuti. Sekarang mau membentuk panitia seleksi (pansel)-nya,” katanya.

Menurut dia, untuk membentuk pansel diperlukan juga izin dari Gubernur Jatim dan KASN . “Kalau semua izin sudah selesai kemudian dibentuk pansel, lelang jabatan langsung dilakukan,” paparnya.

Bupati Maryoto Birowo memperkirakan pansel lelang jabatan eselon II atau seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemkab Tulungagung itu akan terbentuk paling lambat pada akhir Juli 2020 lalu. (wed)

Tags: