Berkarya Sebelum Pensiun

Agustin Iriani

Agustin Iriani
Jelang memasuki usia purna tugas, bukan berarti menurun kreatifitas dan inovasi yang dilakukan. Hal itu dibuktikan salah seorang camat di Kabupaten Sidoarjo, yang tetap semangat menjalankan tugasnya meskipun pada 2020 nanti akan pensiun. Dia adalah Agustin Iriani SH, Camat Sidoarjo.
Salah satu inovasinya itu adalah memfasilitasi sekitar 50 usaha mikro di wilayah Kecamatan Sidoarjo, agar bisa berjualan selama tiga hari di area Ramayana Mall Sidoarjo secara gratis. Menurutnya, mempromosikan produk unggulan dari usaha mikro yang ada di Kabupaten Sidoarjo, tidak mesti hanya menggantungkan peranan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro saja.
“Kita melakukan apa saja yang bisa kita lakukan selama masih bisa berkontribusi untuk daerah,” ujar Agustin Iriani SH, belum lama ini.
Menurut camat perempuan pertama di Kecamatan Sidoarjo itu, usaha mikro yang ada di wilayahnya perlu difasilitasi pemasaranya. Agar produk mereka bisa dikenal luas oleh konsumen. Maka itu tiap tahun, pihaknya memfasilitasi UM di Kec Sidoarjo, agar bisa berjualan di salah satu mall terbesar yang berada di tengah Kota Sidoarjo itu.
Dalam catatan warga desa Kraton Kec Krian itu, di wilayah Kec Sidoarjo terdapat sekitar 700 an usaha mikro. Maka itu, UM yang dibantu promosi produknya di mal Ramayana itu, nanti akan dibuat secara bergiliran.
“Nanti kalau bisa, setahun kita tidak menyediakan 50 stand saja bagi usaha mikro untuk jualan di mal Ramayana, tapi kalau perlu kita tambahi lagi lebih banyak, agar semakin banyak usaha mikro yang bisa berjualan dan mempromosikan produknya,” komentar mantan Camat Krian tersebut.
Dirinya sependapat, potensi UM di Kec Sidoarjo yang banyak tersebut, harus dikembangkan terus. Salah satunya saat ini bisa dengan konsep ekonomi kreatip. Artinya baik, produksi dan pemasaran produk, kini juga harus mulai dilakulan secara kreatip dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.
“Kalau tidak mengikuti perkembangan zaman, kita bisa ketinggalan dan tergilas. Dengan konsep ekonomi kreatif, saya berharap kondisi usaha mikro yang ada di Kecamatan Sidoarjo, sedikit demi sedikit akan bisa meningkat berkembang,” tandasnya. [kus]

Rate this article!
Berkarya Sebelum Pensiun,5 / 5 ( 1votes )