Berpolemik, Pembangunan LBK Gresik Diteruskan

indexGresik, Bhirawa
Meski sudah dibentuk bidang khusus, sejumlah aset milik Pemkab Gresik belum tercatat dalam aset daerah. Diantara Kantor Dinas Sosial hibah dari Departemen Sosial (Depsos) Jatim di Jl Raya Metatu, Kec Cerme. Padahal sudah empat tahun gedung itu belum tercatat sebagai aset milik daerah.
Akibatnya, saat bangunan itu dirobohkan untuk gedung LBK (Loka Bina Karya) tempat¬† penampungan pengemis, gelandangan dan PSK (Pekerja Seks Komersial) terjadi polemik.¬† Sebab, gedung itu tiba-tiba langsung dirobohkan CV Jaya Mulya rekanan pelaksana pekerjaan tanpa ada penghapusan aset. ”Karena belum tercatat dalam aset, sehingga tak perlu dilakukan penghapusan aset. Apalagi bangunan itu tak dirobohkan semua,” kata mantan Kepala Dinas Sosial, Agus Budiono saat itu.
Dilain pihak, Kepala Dinas Sosial Pemkab Gresik, Bambang Sugati, yang baru beberapa bulan menjabat menyatakan, tindakan Agus Budiono itu tak bisa dibenarkan. Apapun alasannya, gedung itu merupakan aset milik Pemkab Gresik meski belum tercacat dalam bagian aset daerah. Soal pencatatan, itu hanya soal administrasi saja. Sehingga merobohkan bangunan itu harus dilakukan penghapusan aset.
Bambang justru mempertanyakan, kenapa Agus Budiono saat menjabat Kadis Sosial tak melaporkan kepada Bagian Aset kalau tahu gedung itu belum tercatat sebagai aset daerah. Padahal, hibah gedung itu dilakukan sejak 2010 lalu. ”Kalau tahu belum dicatat di asset daerah, mestinya kan bisa melapor ke bagian aset,” kata Bambang.
Sementara, Sekretaris Dinas Sosial, Agus Setya Prambudi, yang juga selaku PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) merasa serba salah. Sebab, bagaimanapun jika perkerjaan pembangunan LBK itu selesai, pihaknya akan dikerjar-kejar rekanan untuk pencairan pembayaran pekerjaan.
Padahal disisi lain, Agus tahu kalau pembangunan LBK itu terjadi kesalahan prosedur.”Kalau begini kan saya sendiri yang bingung. Kalau ada apa-apa, saya pasti ikut kena,” tegas mantan Kabag Humas Pemkab Gresik ini. [eri]

Keterangan Foto : Gedung LBK (Loka Bina Karya) Gresik.

Tags: