BPBD Kota Batu Imbau Warga Waspada Puting Beliung

Petugas BPBD Kota Batu bersama warga saat mengevakuasi pohon yang tumbang akibat hujan dan angin kencang.

Kota Batu, Bhirawa
Pemerintah Kota Batu melalui BPBD setempat terus meningtensifkan imbauan pada warga agar waspada terhadap potensi bencana alam. Dalam 2 hari terakhir Kota Batu telah diguyur hujan deras yang disertai dengan angin kencang. Beberapa pohon tumbang akibat tak kuat menahan tiupan angin hingga membuat beberapa rumah warga dan gudang rusak.
Sabtu (17/11), hujan dan angin kencang telah mengakibatkan pohon tumbang di 2 titik di Kota Batu. Yaitu, di Jl.Ir.Soekarno Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo dan Jl.Mojopahit Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo.
“Pohon tumbang itu disebabkan oleh angin kencang yang terjadi saat hujan deras, sehingga menyebabkan dahan pohon berdiameter 20 centimeter itu patah. Dan patahan yang di Jl.Ir.Sukarno ini menimpa atap sebuah ruko dan menutup sebagian jalan raya,” ujar Kasi
Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, Minggu (18/11).
Akibatnya, pohon tumbang ini sempat membuat lalu-lintas jalan raya lumpuh. Kemacetan panjang pun tak dapat dihindarkan. Padahal setiap akhir pekan kendaraan yang masuk untuk berwisata Kota Batu cukup padat.
Selain itu, hujan deras yang disertai angin kencang juga telah mengakibatkan pohon tumbang di Jl Mojopahit Desa Mojorejo. Terpaan angin telah mengakibatkan pohon dengan diameter 30 cm tumbang. Selain itu angin kencang yang terjadi juga telah mengakibatkan 3 rumah warga rusak ringan, 2 Rumah rusak sedang, 1 gudang obat pertanian rusak sedang, dan 1 kandang ayam rusak berat.
“Ketiga rumah mengalami kerusakan di bagian atap, yaitu milik bapak Kasianto, bapak Susman, bapak Riono, dan bapak Girianto. Atap Gudang Obat Pertanian juga rusak akibat terbawa angin. Adapun kandang ayam milik bapak Irul juga ambruk dan menimpa ternak ayam di dalamnya,”jelas Rochim.
Adanya kejadian di 2 titik ini memaksa BPBD Kota Batu langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi pohon tumbang. Dengan bantuan dari masyarakat maka proses evakuasi bisa dilakukan dengan cepat sehingga kemacetan yang terjadi juga bisa segera teratasi.
“Memang saat terjadi angin kencang di Kota Batu salah satu kejadian yang sering terjadi adalah pohon tumbang. Karena itu diharapkan kepada warga dan pengendara jalan agar lebih waspada saat terjadi angin kencang,”pesan Rochim.(nas)

Tags: