Buat Gebrakan ZAM

Khoirul Hasyim

Khoirul Hasyim
Dilantik Bupati Jombang sebagai Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kencana, Jombang beberapa waktu yang lalu, membuat Khoirul Hasyim merencanakan beberapa gebrakan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan inovasi.
Salah gebrakan baru yang dibuat direktur muda ini yakni, bakal membuat Zona Air Minum (ZAM). Zona Air Minum ini secara eksplisit yakni akan dipasangnya jaringan dan instalasi air minum untuk area publik yang nantinya, masyarakat bisa langsung memanfaatkan air yang berasal dari titik ZAM ini untuk dibuat minum dan bersifat gratis.
“Untuk di awal, kami akan memasang dua titik rencananya, di Alun-Alun Jombang dan di depan Kantor PDAM Jombang. Air yang ada nantinya siap minum, ini keberanian kami yang luar biasa,” ungkap Khoirul Hasyim.
Nantinya, selain memasang dua titik ZAM, Khoirul Hasyim menuturkan, dengan dipasangnya dua area ZAM untuk awal-awal ini, dia berharap masyarakat juga bisa teredukasi bahwa, kalau sudah digratiskan, agar bisa bersama-sama merawatnya. “Jangan dirusak, jangan dibuat yang tidak-tidak, supaya Jombang ini tertata menjadi lebih cantik dan lebih barokah,” tutur Khoirul Hasyim.
Tak hanya itu, pada konteks upaya edukasi kepada masyarakat, Khoirul Hasyim menambahkan, pihaknya juga menerima dan memfasilitasi jika ada sekolah baik tingkat TK, RA, SD, maupun MI jika ingin mengenal lebih jauh tentang PDAM Tirta Kencana Jombang.
“Kami akan memfasilitasi ke IPA (Instalasi Pengolahan Air). Ke depan kami akan membuat wahana edukasi di IPA-IPA yang ada dalam kerangka edukasi bahwa air itu penting. Ke depan air itu menjadi berlian, yang kalau tidak diamankan dari sekarang, anak cucu kita nanti ‘nggak uman’,” papar Khoirul Hasyim.
Masih menurut dia, untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan sistem aplikasi berbasis Android, Windows maupun iOS untuk pelanggan yang memungkinkan nantinya para pelanggan PDAM Tirta Kencana bisa mengecek tagihan serta melakukan pengaduan lewat aplikasi tersebut.
“Dan ini ‘real time’. Contoh, pelanggan bisa ngecek meterannya berapa, tagihannya berapa, sama ‘nggak’ dengan rekening yang diberikan. Sehingga pelanggan juga memiliki hak untuk mengeluhkan keadaannya,” ucap dia.
Dengan begitu, Khoirul Hasyim melanjutkan, melibatkan partisipasi masyarakat yang bisa dilakukan dengan aplikasi tersebut, diharapkan akan terbangun peradaban PDAM yang lebih baik. Dengan aplikasi itu nantinya, pelanggan juga bisa melakukan pembayaran tagihan air. Hal ini kata Khoirul Hasyim, juga bermanfaat pada sisi efektifitas maupun efisiensi bagi para pelanggan.
“Pelanggan bisa bayar langsung online lewat aplikasi itu. Kami sudah bekerjasama dengan beberapa bank yang siap membantu sistem kami,” imbuhnya.
Pada sisi peningkatan kuantitas air minum, pihaknya tengah menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah Kecamatan Bareng dan Wonosalam, Jombang yang selama ini sangat banyak terjadi praktik ‘Ilegal Connection’. Upaya yang dilakukan untuk mengatasinya yakni, dengan cara pendekatan kepada masyarakat dalam rangka supaya tidak terjadi ‘kebocoran’ pipa air PDAM.
“Ini juga kerjasama dengan (Dinas) PU Perkim (Jombang) yang membantu kami di Program Layanan Air Bersih itu, sehingga ‘pengen’ saya, nanti mereka saya fasilitasi pipa khusus untuk desa, tapi pipa PDAM jangan dicoblosi,” beber Khoirul Hasyim. [rif]

Rate this article!
Buat Gebrakan ZAM,5 / 5 ( 1votes )
Tags: