Bupati Probolinggo Serahkan 295.319 KPM Bansos Tahap Pertama

Bupati Tantri serahkan BLT DD kepada warganya.[wiwit agus pribadi/bhirawa]

Rp 47,6 Miliar untuk BLT-DD dan BST
Probolinggo, Bhirawa
Masyarakat Kabupaten Probolinggo yang terdampak pandemi Covid-19 mendapatkan perhatian serius dari Pemkab Probolinggo. Total, ada 295.319 keluarga penerima manfaat (KPM) yang telah mendapatkan bantuan sosial (bansos) dampak Covid-19.

Pemkab Probolinggo memastikan bansos tahap pertama sudah tersalurkan semua. Baik berupa sembako ataupun Bantuan Langsung Tunai (BLT). Mulai bansos yang bersumber dari dana desa (DD) sampai Kementerian Sosial (Kemensos), sudah cair.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo Achmad Arief, Senin 29/6/2020 mengatakan, penyaluran bansos dampak Covid-19 harus tepat sasarana. Karenanya, data penerimanya mengacu pada data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan non-DTKS.

“Penerima dari non-DTKS itu, penerima bansos di luar PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), tetapi warga yang terdampak Covid-19. Syaratnya bukan ASN, TNI, atau Polri,” jelasnya.

Bentuk bansos yang disalurkan beragam, begitu juga dengan sumber dananya. Seperti bansos dari Kemensos ada Bantuan Sosial Tunai (BST); kemudian bansos dari Pemprov Jatim itu berupa JPS. Kemudian, Pemkab Probolinggo sendiri menyediakan bansos berupa 10.000 paket sembako. Sejauh ini, nilai total bansos yang sudah tersalurkan mencapai sekitar Rp 99 miliar.

“Bansos untuk tahap pertama sudah tersalurkan semua. Mulai dari BST, JPS, sampai BLT-DD. Bahkan, untuk bansos BST tahap satu dan dua sudah tersalurkan,” katanya.

Ia memastikan, bansos yang disalurkan Pemkab, baik itu melalui desa ataupun Pemkab, langsung bisa membantu masyarakat di tengah pandemi korona. Mengingat, adanya pandemi ini sangat berdampak pada perekonomian warga. “Kami bulan ini dan bulan depan masih proses untuk penyaluran bansos tahap berikutnya,” ujarnya.

Adanya pandemi Covid-19 tak hanya berdampak pada kesehatan fisik. Perekonomian juga turut lesu. Karenanya, pemerintah menggelontorkan beragam bantuan sosial (bansos).

Termasuk pemerintah desa yang mengalokasikan dana desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). Ada juga Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Di Kabupaten Probolinggo, sejauh ini BLT-DD yang sudah tersalurkan mencapai sekitar Rp 37,436 miliar. BLT-DD itu disalurkan pada 62.394 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 325 desa se-Kabupaten Probolinggo. Setiap KPM menerima bantuan Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Pronolinggo Edi Suyanto mengatakan, BLT-DD itu disalurkan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua atas 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa. Kini, Pemkab melalui setiap desa telah tuntas mengalurkan BLT-DD tahap pertama.

“Sampai sekarang sudah ada 5 desa di Kecamatan Gending dan Pakuniran yang sudah menyalurkan BLT-DD tahap kedua. Kami upayakan penyaluran BLT-DD tahap kedua tuntas bulan ini,” tuturnya.

Selain BLT-DD, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo Achmad Arief mengatakan, ada bantuan tunai dampak Covid-19 yang diterima masyarakat terdampak, berupa BST. Di Kabupaten Probolinggo, ada 17.060 KPM yang mendapatkan bantuan dari Kemensos ini. Setiap KPM mendapatkan Rp 600.000. BST tahap II sudah berjalan dan hampir tuntas semua. Total BST tiap tahap yang tersalurkan sekitar Rp 10,2 miliar,” tandasnya.

Dikatakan, penyaluran bantuan sosial tunai (BST) tersebut . tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penularan virus corona. Camat Rahmat hidayanto berpesan kepada penerima BST agar bantuan tersebut digunakan dengan baik.

“Khususnya sedikit membantu perekonomian dan kebutuhan pokok selama pandemi berlangsung. Bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu tersebut merupakan bantuan langsung dari Kementerian Sosial yang diberikan kepada warga yang terdampak pandemi covid 19, yang di hadiri langsung oleh forkopimka. Koramil 0820/06 dan polsek di masing-masing kecamatan,” tambahnya.(Wap)

Tags: