Calon Pimpinan OPD Strategis di Sidoarjo akan Dilelang

Ahmad Zaini. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Untuk mengisi posisi pimpinan tertinggi di OPD pada tahun 2019 ini, Tim Badan Pertimbangan jabatan dan kepangkatan ( Baperjakat) Pemkab Sidoarjo akan menggunakan dua model.
Pertama dengan cara seleksi terbuka atau lelang jabatan dan kedua dengan cara rolling dari eselon dua yang sudah ada.
Sekdakab Sidoarjo, Drs Ahmad Zaini MM, yang juga Ketua Baperjakat Pemkab Sidoarjo, sempat menyampaikan untuk model lelang jabatan akan diperuntukkan khusus di OPD-OPD yang dianggap strategis. Sedangkan model rolling jabatan, akan dilakukan pada OPD yang dianggap tidak strategis.
Menurut Zaini, tim Baperjakat sudah menyelesaikan bahan-bahan untuk pengisian pimpinan OPD di Pemkab Sidoarjo tahun 2019 ini. Tinggal dipaparkan dihadapan Bupati Saiful Ilah.
Tetapi karena Bupati punya hak prerogatif, OPD strategis versi dari tim Baperjakat, kata Zaini, bisa jadi nanti tidak sama dengan versi Bupati.
“Jadi tidak semua lowongan eselon 2 dilakukan seleksi terbuka atau lelang jabatan. Tapi diserahkan pada Bupati yang punya hak prerogatif,” kataZaini, belum lama ini pada Bhirawa.
Seleksi jabatan terbuka atau lelang jabatan untuk pimpinan OPD yang dianggap strategis nanti, kata Zaini, karena ingin betul-betul dapat personil yang berkualitas dan kompeten.
Mantan Kepala Bappeda Sidoarjo ini tidak sampai menyebut OPD-OPD mana yang dinilai strategis dan tidak strategis versi Tim Baperjakat Sidoarjo itu.
Disampaikan Zaini, sampai pada awal tahun 2019 ini sudah ada sejumlah OPD yang pimpinannya harus di Plt. Karena pimpinannya sudah pensiun. Seperti di Disnaker, di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK).
Sementara pada awal tahun 2019 ini posisi Asisten III juga baru saja kosong, juga ada 1 posisi staf ahli Bupati yang juga kosong, tapi Plt nya belum diisi.
Sedangkan nanti pada pertengahan dan diakhir tahun 2019 ini, juga akan ada beberapa pejabat eselon 2 yang akan mulai pensiun.
Diantaranya Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Perikanan dan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian. (kus)

Tags: