Cegah Penyakit Menular, DP3 Pantau Kesehatan Hewan

5-periksa hewan-Ach-1Sidoarjo, Bhirawa
Untuk mencegah terjangkitnya penyakit menular pada hewan ternak. Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (DP3) Kab Sidoarjo telah menerjunkan petugas teknis untuk melihat kondisi kesehatan hewan ternak yang ada di wilayah Kab Sidoarjo.
Saat memantau kesehatan hewan ternak di lingkungan Pendopo Kab Sidoarjo kemarin (5/6). Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DP3 Sidoarjo, Drh Nuning Sri Pudjiastutik MM mengatakan, kalau petugas pemantau kesehatan hewan ternak peliharaan sudah disiapkan di tiap-tiap kecamatan. Mereka bertugas untuk memeriksa kesehatan hewan ternak yang ada di wilayahnya masing-masing.
Dalam menjalankan tugasnya, mereka dibekali dengan berbagai macam obat untuk hewan, antibiotik maupun vitamin. Obat-obat itu akan diberikan oleh petugas bila menemui hewan ternak yang sakit. Sehingga penyakit yang menjangkiti hewan ternak dapat dicegah sebelum menularkan ke hewan lainnya,” katanya.
Nuning menjelaskan, kalau penyakit kulit, mata dan cacingan adalah penyakit yang sering menjangkiti pada hewan ternak. Banyak faktor yang menyebabkan hewan ternak menderita penyakit seperti itu. Misalnya, tempat yang kurang bersih, kotoran maupun sisa dari makanan yang diberikan,” jelas Nuning.
Selain itu, upaya pencegahan penularan penyakit pada hewan ternak terus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, utamanya para peternak yang ada di Sidoarjo. Seperti yang dilakukan kepada peternak Desa Sepande, Candi. ”Sosialisasi tentang penyakit ternak pada kambing itu diberikan agar peternak mengetahui, apa saja jenis penyakit pada kambing dan bagaimana pencegahannya,” ujar Nuning mengakhir penjelasannya. [ach]

Keterangan Foto: Tim petugas dari DP3 sedang memberikan sutikan vitamin pada kambing agar tak kena penyakit. [achmad suprayogi/bhirawa]

Tags: