Danramil 0814/04 Gudo Jombang Imbau Warga Lewat Sholat Jumat

Danramil 0814/04 Gudo, Jombang saat memberikan imbauan sebelum pelaksanaan Sholat Jumat di Masjid Hidayatullah, Jumat (22/05). (arif yulianto/bhirawa)

Jombang, Bhirawa
Pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H tinggal beberapa hari lagi. Komandan Koramil (Danramil) 0814/04 Gudo Kodim 0814 Jombang, Kapten Chb Yaya Suhaya mengimbau masyarakat wilayah Kecamatan Gudo agar mematuhi semua peraturan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.
Imbauan tersebut di sampaikan di Masjid Hidayatullah, Desa Gudo, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang sebelum Sholat Jumat di laksanakan, Jumat (22/05).
Kapten Chb Yaya Suhaya dalam imbauannya mengajak masyarakat agar melaksanakan seluruh kegiatan perayaan Hari Raya Idul Fitri sesuai protokol kesehatan, yakni, pertama, untuk pelaksanaan takbir keliling tidak boleh dilaksanakan dengan membawa mobil keluar jalan raya ataupun dengan jalan kaki.
“Cukup dilaksanakan di masjid atau mushollah dengan peserta terbatas. Kedua, untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri supaya dilaksanakan di rumah bersama keluarga. Apabila terpaksa dilaksanakan di masjid, pelaksanaanya harus sesuai protokol kesehatan yaitu dengan jaga jarak, jamaah wajib memakai masker, cuci tangan dengan handsanitizer, serta membawa alat sholat sendiri dari rumah,” kata Danramil 0814/04 Gudo, Jombang.
Dia melanjutkan imbauan ketiganya yakni, setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri dilarang untuk saling berjabat tangan antara yang satu dengan yang lain dan tidak boleh melaksanakan halal bihalal namun cukup dilaksanakan melalui media sosial.
Danramil menungkapkan, imbauan ini disampaikan kepada masyarakat untuk mencegah agar Virus Corona (Covid-19) tidak menyebar di wilayah Kecamatan Gudo, Jombang.
Danramil juga memerintahkan kepada seluruh Babinsa anggota Koramil 0814/04 Gudo, Jombang untuk menyampaikan imbauan pelaksanaan Sholat Idul Fitri dan takbir keliling sesuai dengan protokol kesehatan.
Salah satu dari para Babinsa yakni, Babinsa Desa Tanggungan, Kecamatan Gudo, Serda Witono juga menyampaikan imbauan ini di desa binaanya.
“Mari kita bersama cegah penyebaran Virus Covid-19 dengan selalu jaga jarak, memakai masker dan selalu menjaga kebersihan tangan. Perayaan Hari Raya Idul Fitri dan takbir keliling supaya dilaksanakan sesuai petunjuk pemerintah,” ujar Serda Witono sebelum pelaksanaan Sholat Jumat di Desa Tanggungan.
Dengan adanya imbauan tersebut di harapkan, khususnya masyarakat warga Kecamatan Gudo, Jombang bisa memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Koramil 0814/04 Gudo, Jombang untuk memutus penyebaran Virus Corona. Sebelum pelaksanaan Sholat Jumat para anggota Koramil 0814/04 Gudo, Jombang juga mengajak untuk berdoa bersama agar Virus Covid-19 bisa segera hilang dari Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia bisa beraktifitas seperti sedia kala.(rif)

Tags: