Desey Muharlina: Blibli Dukung Sektor Fashion Retail di Provinsi Jawa Timur

Public Relations Blibli, Mariel Grazella dan Vice President Fashion Wanita Category Blibli, Desey Muharlina Bungsu saat sesi media briefing Blibli Mendukung Sektor Fashion Retail di Jawa Timur, Kamis (13/8). [Achmad tauriq/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Pandemi Covid-19 telah menimbulkan kesempatan bisnis baru bagi pengusaha yang jeli melihat kesempatan yang muncul di pasar, termasuk di Jawa Timur sebagai provinsi yang signifikan bagi ekonomi nasional.

Untuk itu Blibli sebagai mal online terdepan di Indonesia menghadirkan berbagai solusi untuk peritel fashion dapat tetap menjalankan bisnis di tengah pandemi, dengan demikian menopang pemulihan ekonomi Indonesia.

Vice President Fashion Wanita Category Blibli, Desey Muharlina Bungsu mengungkapkan Blibli, melalui kategori Fashion Wanita, berkomitmen untuk mendorong ekonomi regional dengan menopang keberlanjutan industri ritel fashion di Jawa Timur yang terpukul oleh pandemi.

Kategori Fashion Wanita pun melihat hadirnya celah pasar yang bisa dipergunakan oleh pengusaha fashion Jawa Timur untuk tidak saja mempertahankan usaha mereka, namun juga mengembangkannya.

“Dengan go online di platform Blibli, pengusaha fashion Jawa Timur bisa terus berjualan dan memperluas pasar ke seluruh Indonesia tanpa harus banyak terganjal oleh pembatasan protokol operasional. Kami pun melihat bahwa new normal telah membuka berbagai peluang baru untuk produk-produk fashion yang menunjang aktifitas kerja dan santai, seperti tote bag dan sepatu PVC yang multifungsi,” terangnya, Kamis (13/8).

Desey menambahkan Jatim adalah pasar ketiga terbesar bagi kategori Fashion Wanita, berbagai inisiatif Blibli bersama seller mampu memicu penjualan di Jatim. Khusus provinsi ini, Fashion Muslim menjadi sub-kategori dengan pertumbuhan penjualan terkuat sebesar dua kali lipat di Semester 1/2020 secara tahun-ke-tahun. Selain itu, sub-kategori pakaian dan sepatu juga menunjukkan peningkatan signifikan masing-masing sebesar 1.5 kali lipat di periode yang sama.

Pertumbuhan penjualan didukung oleh kenaikan seller dari Jatim sebanyak 50 persen di Semester 1/2020 secara tahun ke tahun. Adapun kategori Fashion Wanita tetap bisa merekam pertumbuhan karena telah meluncurkan inisiatif baru selama pandemi, termasuk berkolaborasi dengan brand lokal ternama seperti Heaven Lights, Puru Kambera, dan Calla The Label. Hal ini sejalan dengan komitmen terhadap pengusaha lokal sesuai kampanye #KarenaLokalNo1.

“Sebagai bagian dari inisiatif Pejuang Lokal, Blibli juga ingin menggerakkan pelanggan untuk membeli produk dari pengusaha lokal. Dengan membantu membawa pemasukan bagi pengusaha lokal, pelanggan bisa menjadi bagian dari pemulihan ekonomi Indonesia,” jelas Desey.

Sementara itu untuk semakin menopang pengusaha lokal, Blibli menawarkan layanan Fulfillment by Blibli (FBB), yaitu dukungan logistik, mulai dari warehousing hingga delivery yang akan membantu seller menghemat biaya operasional.

FBB didukung oleh 20 warehouse dan 32 Hub di seluruh Indonesia, termasuk tiga fasilitas yang terletak di Surabaya. Hadirnya warehouse Blibli di Jatim juga menguntungkan bagi pelanggan karena mempercepat waktu pengiriman.

Untuk menjamin sanitasi semua produk yang dikirimkan, Blibli telah menerapkan prosedur sanitasi pada semua fasilitas Blibli dan menjalankan pengiriman tanpa kontak atau Contactless Shipping untuk mengurangi kontak antara kurir dan pelanggan.

Dengan strategi bisnis perusahaan yaitu ‘Customer Satisfaction First’, Blibli juga menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir 100 persen produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat dan dukungan layanan 24/7 Customer Care. [riq]

Tags: