Dewan Minta PDAM Kerahkan Personil ke Warga Terdampak

Puluhan warga Rungkut Menanggal dari 4 RW di Kelurahan Rungkut Menanggal, Kecamatan Gununganyar, Surabaya saat mengantri pasokan air PDAM yang disuplay dari DKRTH, Minggu (8/3). [trie diana]

Surabaya, Bhirawa
Pecahnya pipa utama jaringan timur milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Surabaya akibat pengerjaan tiang pancang proyek disekitar Purimas Gunung Anyar yang mengenai pipa PDAM berdiameter 1.000 milimeter berakibat buruk terhadap warga terdampak karena suplai air bersih spontan terputus total.
Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Surabaya, Reni Astuti mengatakan, bahwa akibat proyek disekitar Purimas Gunung Anyar yang mengenai pipa PDAM tentu berakibat warga yang tidak terlayani air bersih.
“Kita dukung upaya PDAM mengirim air tangki dengan membuka saluran pengaduan via WA. Dan saya juga mendorong agar PDAM merespon cepat pengaduan warga dengan jadwal kapan air bisa dikirim, agar warga bisa memperkirakan bantuan air bisa datang ke rumah-rumah warga,” ucapnya Sabtu (8/3).
Reni juga mengingatkan ke PDAM Surabaya agar mengoptimalkan sumber dayanya, karena area warga terdampak cukup luas. “Semoga pipa kembali berfungsi normal, petugas diberi jaminan kesehatan, dan warga bisa terlayani dengan segera,” tandasnya.
Seperti diketahui PDAM Surabaya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terdampak adanya perbaikan pipa utama jaringan sebelah timur.
Hal ini disebabkan karena gangguan akibat pengerjaan tiang pancang proyek di sekitar Purimas Gunung Anyar yang mengenai pipa PDAM berdiameter 1000 milimeter.
Direktur Utama PDAM Surya Sembada-Mujiaman mengatakan, sebelumnya pengerjaan tiang pancang proyek paku bumi telah dilakukan menggunakan beton, namun gagal.
Sehingga kontraktor mengganti beton tersebut dengan paku bumi dari bahan baja yang solid. Akan tetapi, baja tersebut ternyata menembus pipa PDAM yang tebalnya lebih dari 10 centimeter.
Untuk itu, selama proses perbaikan pipa berlangsung, pihaknya bersama DKRTH (Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau) telah menyiapkan puluhan tangki air bersih untuk dibagikan ke rumah-rumah warga terdampak pengerjaan ini.
“Tangki-tangki tersebut telah kita pasang GPS, sehingga benar-benar akan bekerja 24 jam untuk mensuplai air bersih ke rumah-rumah warga,” kata dia Sabtu (7/3).
Maka dari itu, Mujiaman berharap, pelanggan yang terdampak perbaikan jaringan pipa dan membutuhkan pasokan air bersih, bisa menyampaikan keluhannya melalui WhatsApp (WA) PDAM Surya Sembada di nomor 0800-192-6666.
“Saya mohon maaf dan mohon doanya supaya kami diberi kekuatan untuk menyelesaikan masalah ini. Mohon maaf atas keterlambatan pelayanan kami,” pungkasnya. [dre]

Tags: