Di Sidoarjo Gampang Cari Sekolah Inklusif

5-ali-Di Sidoarjo Gampang Cari Sekolah InklusifSidoarjo, Bhirawa
Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo, Drs Mustain Baladan, mengakui kalau dulu di Sidoarjo sulit mencari sekolah inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Namun kini tak lagi. Pelayanan pendidikan terhadap ABK ini sudah berjalan baik di Sidoarjo.
Menurut Mustain, kini telah ada 149 lembaga sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, yang bisa menerima ABK mulai dari Play Group/TK sampai SMA. Hal ini berdampak dengan diraihnya penghargaan Inclusive Education  Award dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2013 lalu.
”Maka Kab Sidoarjo telah berani mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Pendidikan Inklusif,” ujar Mustain.
Mustain mengaku, belum lama ini yang telah bekerja sama dengan TP PKK Sidoarjo untuk  mendeteksi sejak ini anak-anak yang dinilai masuk dalam berkebutuhan khusus. Untuk membuktikan komitmen peduli terhadap ABK di Sidoarjo. Kab Sidoarjo telah mendirikan UPTD Pelayanan Anak Tuna Rungu, Tuna Wicara dan Autis di Jl Pahlawan Sidoarjo.
”Selain itu Pemkab Sidoarjo juga akan membangun Autis Center untuk lebih meningkatkan pelayanan terhadap ABK, Pemkab Sidoarjo juga telah mengirimkan tenaga pendidiknya ke Australia Barat untuk menimbah ilmu di sana,” tambah Mustain. [ali]

Tags: