Dian Siswarini: XL Axiata Jadi Perusahaan Layanan Data Terkuat

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara saat menyerahkan penghargaan SPEx2 Award kepada Group Head Corporate Strategy XL Axiata, Anish Madan didampingi oleh Chief Executive Officer GML, Suwardi Luis dalam acara penghargaan SPEx2 Award 2018 di Jakarta.

(Jalankan Transformasi Bisnis) 

Surabaya, Bhirawa
Untuk fokus dalam penyediaan layanan data berkualitas terbaik, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah konsisten jalankan tranformasi bisnis “3R”. Hasilnya, XL Axiata terus-menerus mampu meningkatkan performa perusahaan di semua lini, yang pada akhirnya semakin memperkuat perusahaan dalam bisnis layanan data.
Hasilnya XL Axiata mendapatkan penghargaan untuk berbagai hasil kerja di banyak lini, baik produk, infrastruktur, manajemen, hingga pengelolaan keuangan. Ada tiga penghargaan yang berhasil XL Axiata raih di akhir November 2018, yaitu dari ajang The Best CEO 2018, SPEx2 Awards 2018, serta 6th Annual Get To Fast Faster 2018.
Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengungkapkan dalam menjalankan transformasi bisnis, pihaknya melaksanakannnya secara serius, menyeluruh, dan konsisten. “Memang tidak mudah, tetapi ini jalan yang harus kami tempuh agar XL Axiata bisa menjadi perusahaan layanan data yang kuat saat ini dan masa mendatang,” terangnya, Rabu (5/12) kemarin.
Dian menambahkan kini hasilnya sudah mulai terasa, produk-produk kami mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga menjadi pilihan, yang juga didukung oleh tersedianya infrastruktur jaringan data yang kualitasnya terus meningkat dan bertambah luas. “Demikian juga secara organisasi, XL Axiata semakin agile dalam merespon dinamika industri data digital. Secara finansial, transformasi juga menjadikan kami memiliki neraca keuangan yang sehat dan kuat,” jelasnya.
Dian Siswarini yang memimpin pelaksaan transformasi bisnis sejak menjadi orang nomor satu di XL Axiata, meraih penghargaan The Best CEO 2018 dari majalah ekonomi manajemen SWA. Berkolaborasi dengan Dunamis Organization Services sebagai konsultan kepemimpinan, majalah SWA menetapkan Dian Siswarini berdasarkan penilaian yang menitikberatkan pada sisi kualitas kepemimpinan CEO dilihat dari kemampuan menjalankan empat fungsi The 4 Roles of Leadership, yaitu perintis, penyelaras, pemberdaya dan panutan. Selain itu, penilaian juga menilik hasil survey atas dua parameter (CEO Index), yaitu: kepemimpinan dan komitmen karyawan.
Sementara itu, Tempo Media Group yang bekerjasama dengan GML Performance Consulting menetapkan XL Axiata sebagai salah satu peraih SPEx2 (Strategy into Performance Execution Excellence) Awards 2018. Penghargaan ini ditujukan untuk perusahaan yang mampu mengeksekusi strategi bisnis yang kuat.
XL Axiata mendapatkan dua penghargaan langsung untuk kategori Sektor BUMN dan Swasta yaitu The Best in Telecommunication Industry dan The Best in Executing Strategy Transformation setelah berhasil melalui berbagai tahapan seleksi.
Kriteria penjurian dan penghargaan mengacu pada lima fase dalam Strategy into Performance Execution Excellence. Lima fase tersebut adalah strategy formulation, strategy mapping, organization alignment, operational execution, dan strategy control.
Sedangkan penilaian penghargaan ini juga didasarkan pada kemampuan organisasi dalam mengantisipasi perubahan digital. Transformasi digital secara terus menerus mengubah wajah bisnis secara radikal. Transformasi digital merupakan aplilkasi digital yang berperan penting dalam setiap aspek bisnis dan sosial.
Di skala Asia, XL Axiata juga meraih penghargaan di ajang 6th Annual Get To Fast Faster 2018, yang diadakan oleh AsosiasiThe Get To Fast Faster (GTFF) dan berlangsung di Bangkok, akhir pekan lalu. Dalam ajang tahunan 6th Annual Get To Fast Faster 2018 yang diikuti oleh 400 perusahaan se-Asia ini, XL Axiata memenangi penghargaan di salah satu dari empat kategori, yaitu Fixed Wireless Access Innovation. Penghargaan ini disematkan ke XL Axiata setelah berhasil melangsungkan ujicoba WiGig di live network yang pertama di seluruh Asia. [riq]

Tags: