Disperindag Jatim Gelar Pelatihan Pos Ukur Ulang

6-foto A AWI-UKUR ULANGSitubondo, Bhirawa
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Situbondo menggelar pelatihan pos ukur ulang kepada ratusan pedagang, konsumen dan masyarakat yang tersebar di Kabupaten Situbondo, kemarin (16/6). Acara yang dimulai sekitar pukul 10.00 wib itu dibuka langsung Kepala Dinas Peridustrian dan Perdagangan Kabupaten Situbondo, Hj Tutik Margiyanti.
Menurut Tutik, pelatihan pos ukur ulang sangat penting dilakukan untuk memberikan kepastian tentang pengaturan alat timbangan bagi para pedagang, konsumen dan kalangan masyarakat pada umumnya. “Ini untuk menjaga tidak ada yang dirugikan saat akan melakukan transaksi antara pedagang dengan konsumen. Sehingga kedua belah pihak sama-sama tidak memunculkan masalah,” tegas mantan Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Situbondo itu kemarin.
Masih kata Tutik, program ini terealisasi berkat kerjasama yang baik antara Disperindag Provinsi Jawa Timur dan Disperindag Kabupaten Situbondo. Kedepan, sambung Tutik Margiyanti, ia berharap program serupa bisa terus disinambungkan demi kemajuan sumber daya manusia (SDM) para pedagang dan konsumen di Situbondo. “Program ini memiliki sisi positif bagi para pedagang dan konsumen, terutama tentang tata cara mengatur alat timbangan dan alat lainnya,” tegas Tutik.
Usai memberikan sambutan, Tutik Margiyanti beserta ratusan peserta mengikuti paparan dari pejabat Disperindag Jatim perihal penggunaan dan pengaturan alat timbang yang benar. Para peserta juga diberi pelatihan soal alat ukur yang sudah tidak layak dipakai saat bertransaksi dengan konsumen. “Pelatihan ini sangat kami apresiasi karena akan menambah ilmu yang positif bagi peningkatan layanan kepada masyarakat,” tutur salah satu peserta kemarin. [awi]

Keterangan Foto : Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Situbondo, Tutik Margiyanti, saat membuka diklat pos ukur ulang di Hotel Rosali, kemarin. [sawawi/bhirawa]

Tags: