DPU Bojonegoro Anggarkan Rp 30 M untuk Perbaikan Jalan

7-foto B bas-Kepala DPU Kab.Bojonegoro Andi CandraBojonegoro, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalu Dinas Teknis yaitu Dinas Pekerjaan Umum (DPU) tak tanggung- tanggung tahun 2014 ini anggarkan untuk perbaikan jalan dan pembangunan jalan sebesar Rp 30 miliar. Untuk perbaikan jalan dianggarkan sebesar Rp 10 miliar. Sedangkan untuk pembangunan jalan sebesar Rp 20 miliar.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Bojonegoro, Andi Tjandra mengatakan, perbaikan  dilakukan pada semua ruas jalan. Salah satunya untuk jalan kabupaten yang mencapai 69 ruas, termasuk di dalamnya jalanan tengah kota.
Sementara itu, kondisi jalan paling parah saat ini ada berada di daerah Balen-Sugihwaras dan Baureno-Kepohbaru. Namun menurut Andi, proses perbaikannya sudah mencappai 80 persen. Pembangunannya sebagian menggunakan paving dan sebagaian aspal.
Sedangkan untuk wilayah barat, ruas jalan rusak paling parah berada di Purwosari ke arah Malingmati,¬† Kecamatan Tambakrejo. “Kalau yang di wilayah barat juga sudah mulai kita tangani,” jelas Andi Candra Selasa (3/6).
Di jalan penghubung Purwosari-Tambakrejo misalnya, banyak kerusakan di di titik-titik tertentu. Kerusakan itu seperti berlubang, aspalnya mengelupas dan bergelombang.Kondisi jalan rusak itu semakin parah saat musim hujan. Sebab, lubang di jalan sering terisi air dan lumpur. “Akibatnya, tidak jarang pengendara sepeda motor yang terjatuh karena terperosok atau menghindari jalan berlubang tersebut,” ujarnya.
Jalan penghubung Kecamatan Purwosari-Tambakrejo itu juga banyak dilalui kendaraan pengangkut minyak dan gas bumi (Migas) menuju ke lokasi pengeboran minyak sumur Tiung Biru yang dikelola oleh Pertamina Energi dan Produksi Asset 4 Cepu. “Selain itu, jalur itu juga banyak dilalui truk pengangkut barang dagangan hasil pertanian dan perkebunan,” tandas Andi.
Jalan penghubung Kecamatan Purwosari-Ngambon juga banyak yang rusak. Kondisi jalan banyak yang pecah dan bergelombang. Pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati melintasi kondisi jalan yang pecah dan bergelombang, tersebut terutama saat terjadi hujan.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, untuk wilayah barat banyak jalan yang mengalami kerusakan. Di antaranya di Purwosari-Tambakrejo, Purwosari-Ngambon, Kalitidu-Padangan. Sebelumnya, arah Balen-Sugihwaras juga mengalami kerusakan. Namun, saat ini sudah mulai diperbaiki. [bas]

Keterangan Foto : Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Bojonegoro, Andi Tjandra. [bas/bhirawa]

Tags: