Gandeng Investor, Pemkab Malang Kembangkan Ekowisata Bahari

30-pantai-balekambangGandeng Investor, Pemkab Malang Kembangkan Ekowisata BahariMalang, Bhirawa
Pemkab Malang dalam waktu dekat ini segera merealisasikan ekowisata yang berlokasi di Pantai Lenggoksono, Kecamatan Tirtoyudo, sebagai daerah tujuan wisata baru selain sejumlah pantai lainnya yang membentang di pesisir Malang selatan.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara mengatakan Pantai Lenggoksono memiliki akses jalan yang mudah, apalagi pantai tersebut juga sangat bagus untuk surfing  sehingga menjadi pilihan utama pemkab dalam pengembangan ekowisata.
“Selain itu, Pantai Lenggoksono juga berdekatan dengan Pantai Bolu Bolu yang memiliki pemandangan terumbu karang sangat indah. Perjalanannya cukup ditempuh selama 15 menit saja, bahkan Lenggoksono sendiri memiliki banyak sumber daya alam yang bisa dieksplorasi pengunjung (wisatawan),” ujarnya, Kamis (29/5).
Untuk mengembangkan ekowisata di kawasan tersebut, kata Made, Pemkab Malang akan menggandeng pihak ketiga sebagai pengelola. Bentuk kerjasama itu nanti adalah tripartit antara investor, Pemkab Malang dan Perhutani.
Hanya saja, lanjutnya, sebisa mungkin kerjasama pengembangan potensi wisata wilayah pesisir pantai ini tanpa menggunakan anggaran dari APBD. “Investor bisa melengkapi fasilitas yang dibutuhkan dalam mengembangkan wisata bahari tersebut, seperti perahu dan penginapan.
Ia mengakui untuk mengelola kawasan wisata pantai tidak mudah karena sebagian besar wilayah pesisir pantai Malang selatan pengelolaannnya di bawah naungan Perhutani. “Memang ada beberapa pengelolaan pantai di Malang selatan yang sudah diserahkan ke Pemkab Malang, seperti Pantai Balaikambang dan Ngliyep,” katanya.
Namun demikian, katanya, untuk mendapatkan hak pengelolaan tersebut prosesnya sangat panjang dan tidak mudah. Sebab, Pemkab Malang sudah berjuang selama 30 tahun lebih untuk bisa mengelola sejumlah kawasan wisata pantai yang areanya berada di wilayah Kabupaten Malang.
“Karena itu, kami berharap semua pihak terkait, investor dan Perhutani bisa bersama-sama mengembangkan ekowisata ini sebagai destinasi wisata yang lengkap dengan segala penunjangnya,” katanya.
Made mengatakan dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan melakukan pembicaraan dan koordinasi dengan Perhutani serta mengundang investor. Selain Pantai Lenggoksono, Balaikambang dan Ngliyep, sejumlah pantai yang membentang di sepanjang wilayah pesisi Malang selatan, di antaranya adalah Pantai Kondangmerak, Bajul Mati, Modangan, Pantai Licin, Sendangbiru, Goa China, serta Pantai Tamban.
Pantai-pantai tersebut masih belum dikelola maksimal karena daya dukungnya masih minim, di antaranya akses jalan dan fasilitas penunjang yang belum tersedia. Dari sekian pantai itu, yang selama ini menjadi primadona adalah Pantai Balaikambang di Kecamatan Bantur dan Sendangbiru di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. [mut]

Tags: