Garuda Bidik Konsumen PNS Banyuwangi

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Banyuwangi, Bhirawa
Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia Airlines (GIA) membidik konsumen dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. kepada PNS di Banyuwangi beserta keluarganya, Garuda memberikan potongan harga pembelian tiket pesawat.
Pemberian diskon tiket sebesar lima persen itu tertuang dalam kerjasama yang diteken antara Pemkab Banyuwangi dan PT Garuda Indonesia Tbk di Aula Rempeg Sekretariat Daerah Banyuwangi akhir pekan pekan kemarin.
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, menyambut positif kerjasama yang diinisasi oleh Garuda Indonesia itu. Di hadapan puluhan kepala SKPD, Bupati Anas mendorong para pejabat di lingkungan Pemkab Banyuwangi memanfaatkan tawaran menarik ini.
“Kerjasama yang konstruktif. Karena keluar kantong kiri, masuk kantong kanan dan sebaliknya. Artinya uang yang dikeluarkan juga masuk ke BUMN, perusahaan negara juga,” ujar Anas.
Menurut Anas, banyak agenda penting pejabat daerah yang digelar di luar Banyuwangi. Ini menjadi peluang bagi Garuda merebut ceruk pasar dari kalangan birokrat di Banyuwangi. Selain itu, kata Anas, Banyuwangi juga memiliki banyak potensi destinasi wisata seiring gencarnya promosi lewat beragam even budaya tahunan bertajuk Banyuwangi Festival.
Tahun ini, mulai 30 Juli hingga akhir 2014, ada 23 even di Banyuwangi Festival yang akan menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang. “Di bidang pendidikan, Unair segera membuka pendidikan resmi di Banyuwangi dan ada ponpes Gontor yang santri-santrinya banyak dari luar daerah. Garuda bisa ikut berperan membawa misi di Banyuwangi,” ujar Anas.
Ke depan, Anas memastikan satu hotel bintang empat pertama di Banyuwangi segera resmi beroperasi pada awal Desember 2014. Keberadaan hotel ini, kata dia, bisa menjadi daya tarik bagi pelaku bisnis untuk datang ke Banyuwangi dalam agenda MICE. Anas mendorong Garuda Indonesia agar memanggarap potensi pasar yang ditawarkan Pemkab Banyuwangi.
Vice President Region 3 Garuda Indonesia Ari Suryanta, mengatakan kerjasama ini merupakan bagian dari program perseroan. Selain dengan Pemkab Banyuwangi, Garuda menggandeng perusahaan swasta lain di beberapa kota besar. “Ada dua kentungan yang didapat, yaitu Pemkab Banyuwangi bisa lebih menghemat anggaran dinas dan ada kemudahan atau keringanan yang ditawarkan. Rekanan atau relasi pemkab juga bisa mendapatkan diskon,” kata dia.
Lewat kerjasama, Ary berharap bisa menaikkan load factor bagi Garuda rute Surabaya-Banyuwangi PP. Pihaknya juga memberikan fasilitas lain, seperti tambahan bagasi 10 persen dan counter check in khusus. Teknis skema kerjasama melalui travel agent yang ditunjuk oleh perseroan. PNS Banyuwangi yang akan menggunakan jasa Garuda, kata Ary, harus membeli tiket pada travel agent tersebut.
Sejak resmi membuka rute Surabaya-Banyuwangi-Denpasar PP pada 1 Mei lalu menggunakan tiga unit pesawat ATR 72-600, Ary mengklaim load factor setiap harinya rata-rata 70-80 persen. “Tapi selalu penuh pada akhir pekan,” ujarnya.
Pada satu bulan pertama, jumlah penumpang Banyuwangi-Surabaya PP mencapai 1.439 orang dan pada Juni sebanyak 1.174 orang. Adapun rute Banyuwangi-Denpasar PP sebanyak 1.260 orang pada Mei,sementara sebanyak 1.062 orang pada Juni. [mb5]

Rate this article!
Tags: