Hangat-hangat Kuku

Djoko Suyanto

Djoko Suyanto

Meski begitu, ia minta pasangan Capres-Cawapres bersama tim pendukungnya agar melakukan kampanye dengan santun dan tidak saling menyerang ke hal-hal yang sifatnya pribadi.
“Ibarat suhu, saat ini suhu politik biasa-biasa saja. Tapi, boleh juga beranggapan hangat-hangat kuku. Walau hangat-hangat kuku, saya minta semua pihak menjaga supaya suasana tetap kondusif. Ciptakan suasana damai selama kampanye Pilpres 2014 hingga penetapan nanti,” kata Joko Suyanto¬† usai berziarah di makam ayahnya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Madiun belum lama ini.
Djoko juga meminta kepada Tim Sukses masing-masing Capres, tidak melakukan provokasi. Kalaupun ada Timses atau pendukung salah satu pasangan melakukan provokasi, agar masyarakat tidak mudah terpancing. Apalagi, isu-isu yang berbau provokatif. Menyikapi hal itu, ia minta masyarakat lebih arif dan bijaksana dalam mencerna isu-isu negatif. “Karena jika masyarakat terpancing, mereka rugi sendiri,”jelas mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) ini.
Menurut Djoko, jika kampanye nanti dalam suasana sejuk dan damai diyakini Pilpres dapat berjalan aman, tertib dan lancar. “Saya berharap, pelaksanaan Pilpres dapat berlangsung seperti Pilleg lalu. Semua pihak (Parpol) menerima dengan baik,” tambahnya.
Ketika disinggung mengenai pertarungan Pilpres ada indikasi keterlibatan anggota TNI maupun Polri aktif, Djoko menegaskan tidak ada jajaran TNI maupun Polri aktif yang terlibat dalam politik praktis.
“Saya jamin tidak ada itu. Jika ada yang terlibat, itu mereka yang sudah pensiun atau purnawirawan. Mereka yang pensiunan itu, memang ada yang ikut kubu pasangan Capres Cawapres,”pungkasnya. [dar]

Rate this article!
Hangat-hangat Kuku,5 / 5 ( 1votes )
Tags: