Hari Ini ASN Pemkab Tulungagung Mulai Dinas Normal

Mulai hari ini, Jumat (5/6), ASN Pemkab Tulungagung akan kembali berdinas secara normal tanpa ada jeda sehari masuk dan sehari libur.

Tulungagung, Bhirawa
Mulai hari ini, Jumat (5/6), ASN lingkup Pemkab Tulungagung kembali bekerja secara normal. Yang biasanya mereka berdinas dengan sift sehari masuk dan sehari berikutnya libur, saat ini sudah bekerja secara penuh di kantor.

“Untuk ASN sudah mulai aktif masuk normal. Tidak ada lagi sehari masuk sehari libur,” ujar Bupati Maryoto Birowo, Kamis (4/6).

Namun demikian, lanjut dia, meski seluruh ASN sudah mulai berdinas normal harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Di antaranya jaga jarak dan harus menggunakan masker.

Bupati Maryoto Birowo sudah pula menerbitkan Surat Edaran Nomor 800/698/033/2020 tentang Perubahan Sistem Kerja ASN di lingkungan Pemkab Tulungagung. SE tersebut merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 57 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid -19 di Lingkungan Instansi.

Dalam SE yang ditandatangani Bupati Maryoto Birowo pada tanggal 2 Juni 2020 disebutkan mulai tanggal 5 Juni 2O2O pelaksanaan jam kerja kembali normal sebagaimana Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung tanggal 11 Januari 2019 Nomor 061.21/071/0331/2O19, yakni bagi perangkat daerah yang melaksanakan lima hari kerja masuk kerja mulai pukul 07.15 WIB sampai dengan 15.45 WIB. Sedang bagi yang melaksanakan enam hari kerja mulai 07.15 WIB sampai dengan 14.15 WIB.

Sebelumnya, Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro, mengungkapkan dalam penerapan new normal di lingkup Pemkab Tulungagung diminta pada para kepala OPD untuk menerapkan protokol kesehatan. Seperti di antaranya mengatur jarak kursi bagi ASN saat bekerja.

Galih menyebutkan untuk Kantor Sekretariat Pemkab Tulungagung tetap akan melaksanakan sistem satu pintu masuk dan keluar. Ia menjamin ASN tidak akan sampai bergerombol saat akan masuk kantor kendati mereka satu persatu tetap diperiksa suhu tubuhnya melalui alat termogun.

“Kami kira tidak akan sampai bergerombol saat masuk kerja besok (hari ini). Apalagi absensi bagi ASN masih tetap menggunakan manual, belum menggunakan fingerprint lagi,” paparnya.

Selain itu, lanjut dia, ASN dalam penerapan new normal saat berdinas saat ini masih juga belum diberlakukan kegiatan apel. “Kegiatan apel masih ditiadakan karena sangat berpotensi bergerombol,” pungkasnya. (wed)

Tags: