HUT Satpol PP Provinsi Jatim Gagal Digelar di Kabupaten Tuban

Rapat koordinasi gabungan antara Pemkab Tuban dan Satpol PP Provinsi Jawa Timur.

Tuban, Bhirawa
Peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-70, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-58, dan Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-101 tingkat Provinsi Jawa Timur resmi ditunda.
Sejumlah rangkaian kegiatan yang akan digelar di Kabupaten Tuban juga ditunda lantaran menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Timur terkait Covid-19.
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tuban, Hery Muharwanto, S.Sos., menyampaikan dijadwalkan serangkaian kegiatan peringatan dan Apel Besar itu akan dilaksanakan 17 sampai 19 Maret 2020 di Alun-alun Tuban.
“Dengan sangat terpaksa diundur sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/03/2020).
Penundaan kegiatan tersebut sebagai upaya dan antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). Salah satunya adalah meniadakan kegiatan yang mengumpulkan atau melibatkan banyak orang. Penundaan tersebut juga menunggu instruksi lebih lanjut dari Gubernur Jawa Timur.
Hery Muharwanto menjelaskan penundaan tersebut berdampak persewaan hotel untuk Kepala Satpol PP Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Seluruh hotel sudah dipesan 100 persen di Kota Tuban atau sekitarnya.
“Untuk itu, kami akan koordinasi dengan pihak hotel, jika memang bisa dikembalikan atau potong berapa persen dari booking atau terbayar penuh hotel tersebut,” imbuh Hery.
Adapun total anggaran yang disiapkan untuk kegiatan tersebut mencapai Rp1,2 Miliar yang bersumber dari APBD kabupaten Tuban dan APBD provinsi Jawa Timur.
“Anggaran yang sudah terserap hingga penundaan ini kira-kira hampir 25 persen,” pungkasnya. Untuk diketahui, Pemkab Tuban bergerak cepat dalam menangani penyakit Covid-19. Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Timur, maka Pemkab Tuban segera membentuk Gugus Tugas Penrcepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pembentukan Gugus Tugas ini diikuti dengan penerbitan Surat Edaran Bupati Tuban tertanggal Senin (16/03/2020).
Berdasarkan surat tersebut masyarakat diminta untuk tetap tenang dan tidak panik. Di samping itu, harus menyikapinya dengan bijak dan bersabar, serta mentaati Surat Edaran Bupati terkait Kewaspadaan Covid-19.
Masyarakat juga dapat memperoleh informasi lebih lanjut di Sekretariat Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban di Jl. Brawijaya no.3 Tuban atau menghubungi Call Center 119 ext 9 atau 082 167 119 119. [hud]

Tags: