Jaga Populasi, Pemkab Bojonegoro Asuransikan Ratusan Sapi Betina

Bojonegoro,Bhirawa.
Guna menjamin populasi sapi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnkkan) mengasuransikan ratusan ekor sapi betina. Program Asuransi Usaha Tani Sapi (AUTS) ini berupa subsidi premi untuk sapi betina produktif.

” Program ini direspon sangat bagus oleh peternak Bojonegoro. Hingga September 2020, ada 511 ekor sapi yang telah diasuransikan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Agribisnis dan Peternakan, Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro, Wiwik Sulistyo, kemarin (14/9).

Wiwik Sulistyo mengatakan, AUTS merupakan program untuk perternak supaya peternak pembibitan dan pembiakan semakin semangat untuk beternak.

“Jika terjadi risiko akibat kematian dan kehilangan sapi selama beternak, peternak masih bisa melanjutkan melalui dana ganti rugi dari asuransi,” ujarnya.

Sedangkan, yang mengajukan klaim hingga September 2020 ini ada 4 ekor sapi betina milik peternak. ” Hingga saat ini, peternak sapi yang sudah ajukan AUTS dan sudah diklaimkan sudah sebanyak 4 ekor sapi,” ujarnya.

Dari data yang diperoleh jumlah pencairan klaim AUTS di tahun 2017 ada sebanyak 2 ekor sapi, di tahun 2018 jumlah klaim AUTS hanya ada 1 ekor, tahun 2019 klaim AUTS mengalami peningkatan yakni sebanyak 5 ekor dan di 2020 hingga per September total klaim AUTS sebanyak 4 ekor.

Seperti diketahui, bila peternak sapi mendaftar sebagai peserta AUTS, nantinya peternak akan mendapatkan ganti rugi jika sapi yang mereka asuransikan mati. Sedangkan untuk biaya AUTS tersebut biayanya hanya Rp 200 ribu per tahunya, dari jumlah itu Pemerintah Pusat mensubsidi biaya asuransi sebesar Rp160 ribu, jadi peternak sapi mengeluarkan biaya Rp 40 ribu per tahunnya.

” Hingga saat ini, sapi yang diikutkan AUTS hanya ada 511 ekor,” pungkasnya. [bas]

Tags: