Jalan Menuju Desa Sidomulyo Kedungadem Ambles

Bojonegoro,Bhirawa
Akibat longsor tergerus tanggul sungai Pacal membuat jalan poros menuju akses Desa Sidomulyo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro ambles dan bergelombang.
Jalan yang selama ini menjadi urat nadi warga desa setempat untuk mengeluarkan hasil pertanian dan jembatan penghubung antara Kecamatan Kepohbaru dan Kecamatan Kedungadem terancam putus. Dipastikan banyak urusan menjadi terhambat.
Menurut Suhadi, salah seorang warga desa setempat, amblesnya badan jalan sudah berlangsung sejak seminggu yang lalu. Bahkan pernah terjadi insiden kecelakaan akibat amblesnya jalan tersebut.
“Pernah ada truk pengangkut padi melintasi jalan tersebut terguling,” jelas Suhadi, Senin (17/3) kemarin.
Dijelaskannya tidak hanya jalan yang jadi korban jika putusnya jembatan penghubung di desanya itu, ia juga memastikan aktivitas ekonomi masyarakat desa juga ikut terancam terhambat, sebab jalan tersebut satu-satunya jalan poros menuju ke desa tetangga.
” Yang akan jadi korban jika jembatan putus, tidak hanya jalan, namun dipastikan kegiatan ekonomi masyarakat desa akan terhambat, sebab ini jalan poros.” katanya.
Ia menambahkan jika pihak Pemerintah setempat sebenarnya sudah mengantisipasi longsornya tanggul sungai pacal dengan memasang bronjong. Namun bronjong tersebut belum mampu menahan material longsoran. Bahkan longsor  kian melebar dan mambuat amblesnya badan jalan.
“Pembangunan bronjong baru dibuat tapi ini sudah ambrol,” lanjutnya sambil menunjukkan bronjong penahan tanggul yang ambrol.
Sementara, para pengendara yang melintas di jalan tersebut harus ekstra berhati-hati terutama kendaran untuk mobil dan truk. Sebab, jika tidak bisa mengendalikan keseimbangan, pengendara bisa terjatuh. Warga berharap agar Pemerintah setempat segera memperbaiki jalan yang ambes akibat longsor tersebut. [bas]

Tags: