JANETA Susuri Kabupaten/KOta

Pemprov Jatim, Bhirawa
Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur melalui UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang dengan inovasinya JANETA Mobile Unit terus menyusuri kota/kabupaten se Jatim untuk memberikan pelayan ke masyarakat penyandang tunanetra.

Sekedar diketahui, JANETA Mobile Unit adalah singkatan dari Jasa Netra, yaitu sebuah unit mobil keliling guna menjangkau para disabilitas netra beserta keluarganya untuk diberikan layanan rehabilitasi secara langsung.

“Baru-baru ini JANETA Mobile telah melayani Malang Raya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan,” kata Kepala UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang, Firdaus Sulistijawan, Kamis (3/9).

Pelayanan JANETA ini juga tergantung pada kesiapan kabupaten/kota. “Ini masih ada rencana akan ke Tuban, bersamaan dengan deteksi dini seksi disabilitas dan rehabilitasi sosial,” katanya.

Dikatakan Firdaus, JANETA Mobile Unit merupakan satu-satunya layanan penyandang netra di Jatim dan merupakan salah satu inovasi Rehabilitasi Sosial Bina Netra (RSBN) Malang, dengan sasaran keluarga disabilitas netra (Distra) dan kaum netra yang ada di Malang yang tidak tertampung di UPT.

“UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang adalah Unit Pelaksana Teknis milik Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur yang memberikan layanan rehabilitasi dalam panti bagi disabilitas netra di Jawa Timur dengan kuota 105 klien dan angka kelulusan 20 klien per tahun,” katanya.

Dikatakan Firdaus, tim JANETA Mobile Unit ini akan mendatangi kaum netra untuk memberi aksesibiltas edukasi dan akses kesehatan kepada mereka. Latihan yang diberikan adalah edukasi bagi distra dan keluarganya.

Melalui orientasi mobilitasi distra untuk perluasan jangkauan area agar distra mampu lebih bergerak kemanapun dengan lebih cepat adaptif dengan lingkungan sekitar, ADL activity daily living.

“Bagi distra dan keluarga agar distra mampu mandiri aktifitas harian agar tidak tergantung pada orang lain, Pengenalan jenis mata uang, latihan BTB baca tulis braille bagi distra,” katanya. [rac]

Rate this article!
Tags: