Kabupaten Lamongan Terima Wahana Tata Nugraha

7-foto B yit-wtn2Lamongan, Bhirawa
Kabupaten Lamongan tahun ini dipastikan menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk yang pertama kalinya. Bupati Fadeli menerima penghargaan kategori lalu lintas tersebut langsung dari Menteri Perhubungan RI E.E Mangindaan, Rabu (10/9) di Gedung SMESCO Convention Centre, Jakarta Selatan.
Kepastian penghargaan tersebut sebagaimana disampaikan Kabag Humas dan Infokom Mohammad Zamroni. “Saat ini (Rabu,red) Bapak Bupati Fadeli sudah berada di Jakarta untuk menerima penghargaan Wahana Tata Nugra kategori lalu lintas untuk kota kecil,” ungkap dia.
Dikatakan olehnya, berdasarkan SK Menteri Perhubungan RI Nomor KP 747 Tahun 2014 tentang Penerima Penghargaan WTN Tahun 2014, Lamongan menerima penghargaan untuk kategori kota kecil. Selain Lamongan, untuk kategori kota kecil WTN diterimakan diantaranya kepada  Ciamis/Jawa Barat, Karanganyar dan Boyolali di Jawa Tengah, serta Tulungagung dan Situbondo di Jawa Timur.
Selanjutnya diantara penerima WTN kategori kota sedang adalah Banda Aceh, Jambi, Cirebon dan Yogyakarta. Kemudian kategori kota besar penerima adalah Tasikmalaya/Jawa Barat, Malang/Jawa Timur dan Samarinda/Kalimantan Timur. Sedangkan Medan/Sumatera Utara, Tangerang/Banten, dan Surabaya/Jawa Timur menerima WTN Kategori Kota Metropolitan.
Untuk penerima WTN kategori Kencana, diberikan kepada 2 kota di Jawa Timur. Yakni kepada Madiun dan Probolinggo. Dan provinsi penerima WTN Wiratama dalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Sumatera Barat, DI Yogyakarta, Sumatera Selatan dan Riau.
WTN sendiri adalah penghargaan yang diberikan kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.¬† Penilaiannya dilakukan untuk kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang dan kota kecil. Sedangkan aspek yang dinilai diantaranya transportasi yang berkelanjutan dan berbasis kepentingan publik serta ramah lingkungan. “Semoga penghargaan ini bisa semakin memacu motivasi kami untuk terus bekerja demi kemajuan dan sejahteranya Lamongan, ” kata Bupati Fadeli. [yit]

Keterangan Foto : Bupati Lamongan Fadeli (kanan) saat menerima Piala WTN Kategori Lalu lintas dari Menhub E.E Mangindaan di Jakarta. [suprayitno/bhirawa]

Tags: