Kadis Pendidikan Dilantik Menjadi Sekda Nganjuk

Drs Mokhamad Yasin dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat di Pendopo Kabupaten Nganjuk.(ristika/bhirawa)

Nganjuk, Bhirawa
Teka-teki siapa sosok yang akan menduduki kursi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, terjawab sudah. Drs Mokhamad Yasin Kadis Pendidikan akhirnya dilantik oleh Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat di Pendopo Kabupaten Nganjuk, Selasa (4/8) sore kemarin.

Mokhamad Yasin mendapat rangking pertama dalam asasment yang dilaksanakan oleh panitia seleksi (Pansel) dan menyingkirkan enam pejabat pratama lainnya. Dalam posisi tiga besar Mokhamad Yasin yang juga pernah menjabat sebagai kepala dinas sosial mengungguli Drs Nur Solekan Kadis Perhubungan yang sebelumnya santer dikabarkan akan menduduki kursi Sekda setelah sebelumnya dua kali dilantik sebagai pejabat (Pj) Sekda.

Dalam sambutanya, Bupati Novi Rahman Hidayat mengucapkan selamat Mokhamad Yasin yang menjabat sebagai Sekda baru. Bupati Novi pun langsung berpesan agar selalu berhati-hati, terlebih dalam menegakkan aturan sesuai perundang-undangan.

Peran seorang Sekda, dikatakan Bupati Novi sangat sentral dalam system pemerintahan daerah. Yakni membantu kepala daerah dalam proses konsolidasi melalui berbagai program. Baik program jangka pendek, menengah maupun jangka panjang yang sesuai visi misi Bupati Nganjuk. “Saya harapkan kepada Sekda yang baru untuk melakukan upaya perubahan mendasar dan tepat sasaran dalam mewujudkan sebuah pemerintahan yang baik di lingkungan Pemkab Nganjuk,” terang Bupati Novi.

Mas Novi, sapaan akrab Bupati Nganjuk juga mengatakan, pelantikan Sekda adalah merupakan hal yang biasa dan wajar yang harus dilakukan, dengan maksud dan upaya meningkatkan kinerja organisasi. Hal ini tidak akan berhenti sampai disini saja, namun secara kontinyu akan terus dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Disampaikan pula, pengisian jabatan sekretaris daerah telah sesuai dengan amanat undang-undang nomor 5/ 2014 tentang aparatur sipil negara dan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil sebagaimana telah diubah dengan peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2020. Disebutkan bahwa pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan atau lebih dikenal dengan seleksi terbuka atau open bidding.

“Jabatan Sekda merupakan hasil dari sebuah seleksi yang dilaksanakan Pansel yang berasal dari BKN Provinsi Jawa Timur. Setelah dipilih nama-nama calon Sekda kemudian mendapatkan rekomendasi Gubernur Jatim dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” tegas Bupati Novi.

Bupati Novi juga mengucapkan terimakasih kepada drs. Nur Solekan, M.si sebagai Pj Sekda, yang telah memberikan saran dan sumbangsihnya, selama melaksanakan tugas jabatan sekretaris daerah dan turut serta membantu dalam menjalankan roda pemerintahan.

Pelantikan kali ini dipimpin langsung Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat yang dihadiri Wakil Bupati Marhaen Djumadi, Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, serta seluruh camat dan pejabat Forkopimda Kabupaten Nganjuk.(ris)

Tags: