Kapolda Fokus Pam Pilpres di Tapal Kuda – Madura

2-Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono saat mengecek persiapan pasukan dalam apel HUT Bhayangkara ke-68, Selasa (1,7). abednegoPolda Jatim, Bhirawa
Kapolda Jatim mengatakan, fokus pengamanan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 yakni di wilayah Tapal Kuda dan Madura.
“Kebetulan Pilpres bersamaan dengan Ops Ketupat, jadi fokus pengamanan kami yakni di wilayah Tapal Kuda dan Madura (Sampang dan Pamekasan),” terang Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono, usai melakukan upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-68, Selasa (1/7).
Unggung menjelaskan, adapun 10  zona yang menjadi perhatiannya adalah di Tapal Kuda, Madura, Sampang, dan Pamekasan. Sebab, menurut pengalaman Pileg lalu, di daerah Pamekasan terjadi perhentian dan penghadangan logistic Pemilu.
Bahkan, di Sampang sempat terjadi Pungut Suara Ulang (PSU) sampai dua kali. “Berkaca dari pengalaman Pileg lalu, inilah yang menjadi prioritas dan antisipasi kami,” urainya.
Dari prioritas pengamanan itu, Unggung sudah mengintruksikan kepada seluruh Koordinator Wilayah (Korwil), yang nantinya akan dibantu dua AKBP untuk melakukan pengecekan keamanan. Dan koordinator ini akan bergeser pada H-1 di TPS masing-masing. Dengan tujuan untuk mengecek dan memastikan anggota yang jaga TPS, melakukan orientasi dalam pelaksanaan pengamanan.
“Para Korwil dibantu AKBP, saya perintahkan untuk terus melakukan pemantapan dan kesiapan terhadap wilayah-wilayah yang menjadi fokus pengamanan Pilpres 2014 nanti,” terangnya.
Terkait antisipasi uang palsu (upal) yang biasanya beredar jelang Pilpres, Unggung Cahyono menambahkan,  tetap dilakukan upaya-upaya dalam mencegah peredaran upal. Adapun antisipasinya adalah dengan melaksanakan kegiatan cipta kondisi dan 21 razia, yakni terus melakukan operasi dan mengaktifkan cring-cring serse.
“Cipta kondisi ini bukan hanya dilakukan menjelang Pilpres, tetapi juga pelaksanan Ramadan dan menjelang lebaran. Biasanya kejahatan curas naik, diselingi dengan peredaran uang palsu,” urai Unggung.
Disinggung kondisi keamanan  selama masa kampanye, Kapolda menegaskan, saat ini masih aman dan terkendali. Dan masa kampanye pihaknya menyiapkan tiga unit, untuk melakukan pengawalan, pengamanan, terhadap Capres dan Cawapres. Masing-masing unit berisi 31 personel. Jadi, walaupun Capres menggunakan heli, pada saat kampanye  seperti di Jember, tetap dijemput oleh anggota kami.
Lanjutnya, maka dari itu masing-masing Polres menyiapkan helipod portable, karena kebanyakan dari Capres berkampanye menggunakan heli. “Alhamdulillah, sampai sekarang situasi tetap kondusif. Diharapkan kondisi seperti ini tetap terjaga baik pada saat Pemilu, maupun pada saat menyambut lebaran,” pungkas Unggung. [bed}

Keterangan Foto : Kapolda-Jatim-Irjen-Pol-Unggung-Cahyono-saat-mengecek-persiapan-pasukan-dalam-apel-HUT-Bhayangkara-ke-68-Selasa-17.- [abednego/bhirawa]

Tags: