Kiai Kampung Pasuruan Minta Gus Ipul Harus Istikharoh

Gus Fahrur, Ketua Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur yang merupakan pendiri Pondok Pesantren (PP) Canga’an, Bangil, Kabupaten Pasuruan. [Hilmi Husain/Bhirawa]

Pasuruan, Bhirawa
Wacana pencalonan H Saifullah Yusuf atau Gus Ipul oleh DPP PKB untuk maju di Pilwali Kota Pasuruan disikapi oleh Ketua Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur, KH Fahrurrozi.

Menurut Gus Fahrur, panggilan akrabnya KH Fahrurrozi, mantan wakil Gubernur Jatim dua periode tersebut sah-sah saja dicalonkan atas permintaan para kiai di Kota Pasuruan. Namun ia menyarankan agar Gus Ipul istikharoh dulu.

“Sebelum menentukan keputusan, saran saya harus istikharoh duhulu. Jangan sampai keliru. Dan sebagai seorang santri tentu tawadlu pada kiai dan para guru,” ujar Gus Fahrur, Selasa (18/8).

Karena tawadhu pada kiai, lanjut Gus Fahrur, hal itu pastinya menjadi pertimbangan untuk mengemban amanah untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat Kota Pasuruan.

“Karena permintaan para kiai, ini harus dilaksanakan. Dan tentu saya pastikan amanah itu akan barokah nantinya,” papar Gus Fahrur. Sementara itu, Ketua DPC PKB Kota Pasuruan, H Ismail M Hasan menyatakan pihaknya saat ini menunggu kepada siapa rekomendasi dari pusat itu diberikan. Pasalnya, rekomendasi itu merupakan domain DPP.

“Keputusan rekomendasi ditangan DPP. Apabila rekom itu keluar, pastinya wajib harus kami jalankan,” kata H Ismail M Hasan. Disisi lain, Partai Nasdem Kota Pasuruan mulai tancap gas partai menjelang dimulainya pesta politik Pilwali Kota Pasuruan. Bersama PDIP dan Partai Hanura, Nasdem mengusung pasangan bakal calon Wali Kota petahana, Raharto Teno Prasetyo dan Mochammad Hasjim Asjari.

“Dalam pilwali ini, kami sudah siap secara matang sebelum turun ke pesta demokrasi ini. Intinya siap tancap gas,” kata Ketua DPD Partai Nasdem Kota Pasuruan, Mochammad Hasjim Asjari. Meski demikian, pihaknya akan tetap menunggu proses tahapan kampanye Pilwali dimulai. “Tak hanya sebatas pesta politik semata, tapi di Pilwali ini, mencari dan memilih pemimpin yang dapat mensejahterakan masyarakat Kota Pasuruan,” urai Mochammad Hasjim Asjari. [hil]

Tags: