Kodam V/Brawijaya-PMI Semprot Disinfektan dengan Mobil Gunner

Prajurit Kodam V/Brawijaya bersama relawan saat menyiapkan mobil Gunner sebelum melakukan penyemprotan.

Surabaya, Bhirawa
Palang Merah Indonesia Jawa Timur bersama prajurit Kodam V/Brawijaya serta para relawan direncanakan melakukan penyemprotan disinfektan disejumlah daerah Jawa Timur yang terdampak Covid-19 dengan menggunakan mobil Gunner yang dikirim oleh PMI Pusat.

Ketua PMI Provinsi Jawa Timur, H Imam Utomo S mengungkapkan penyemprotan disinfektan menggunakan mobil gunner ini akan dilakukan secara bertahap di seluruh daerah Jatim, khususnya di daerah zona merah.

“Saat ini mobil Gunner bantuan dari PMI Pusat masih akan menyeprot disinfektan di wilayah Kota Surabaya hingga tanggal 3 juni. Selanjutnya akan bergeser ke daerah zona merah yang terpapar Covid-19 seperti Sidoarjo pada tanggal 4 sampai 6 Juni dilanjutkan pickup Granmax akan menuju ke Ponpes,” terangnya, Senin (1/6).

Imam Utomo menambahkan untuk rute saat melakukan penyemprotan harus sesuai dengan zona merah yang nantinya dipandu oleh PMI Kota Surabaya. “Total mobil Gunner yang siap melakukan penyemprotan ada 7 dan 10 pickup Granmax penyemprotan. Surabaya menjadi prioritas karena Kota Surabaya merupakan zona merah setelah Jakarta,” jelasnya.

Untuk itu Imam Utomo berharap setelah dilakukan penyemprotan disinfektan ini, korban dari Covid-19 bisa berkurang. “Rencananya kendaraan Gunner ini akan berada di Jatim selama tiga bulan, namun apabila ada penurunan korban dari Covid-19 maka mobil Gunner bisa dialihkan ke daerah yang terdampak zona merah lainnya. Tapi apabila dalam tiga bulan belum ada penurunan maka mobil Gunner masih bisa dipergunakan di Jatim,” pungkas Imam Utomo.

Sementara itu sebelumnya, prajurit Kodam V/Brawijaya bersama beberapa relawan sebelum melakukan penyemprotan menggunakan mobil Gunner telah mendapatkan pelatihan di kantor diklat PMI Jatim di Gresik. [riq]

Tags: