Kodim 0814 Jombang Salurkan Bantuan ke Desa Terpencil

Komandan Kodim 0814 Jombang, Letkol Inf Triyono bersama anggota saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat Dusun Kedung Dendeng, Desa Jupuhrapah, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Sabtu (05/09).

Jombang, Bhirawa
Kodim 0814 Jombang menyalurkan bantuan kepada warga desa terpencil di Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang yang berada di Dusun Kedung Dendeng, Desa Jupuhrapah Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang. Karena beratnya medan, untuk mencapai lokasi, anggota Kodim 0814 Jombang harus menggunakan motor trail maupun kendaraan 4 x 4, Sabtu (05/09).

Sepanjang rute menuju lokasi, mayoritas merupakan daerah perkampungan dan bahkan daerah tersebut sulit dilalui oleh kedaraan biasa karena medannya yang berbukit dan jalan setapak di pinggiran hutan.

Dalam rangka mengenal kondisi geografis wilayah teritorial Kodim 0814 Jombang terutama daerah yang sulit dijangkau oleh kedaraan bermotor, Kodim 0814 Jombang melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) yang bertajuk ‘Trabas Sobo Deso’.

Kegiatan tersebut mengambil start di Makodim 0814 Jombang dengan melewati sungai brantas dengan Perahu penyeberangan di wilayah Kecamatan Megaluh, hutan di wilayah Kecamatan Plandaan yang berbatasan dengan Kabupaten Nganjuk, dan berakhir di Makodim 0814 Jombang.

Bakti Sosial dan Trabas Sobo Deso tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0814 Jombang Letkol Inf Triyono dan diikuti oleh Bank Jatim serta Perwira Staf dan Komandan Koramil (Danramil) jajaran Kodim 0814 Jombang, dengan tempat Dusun Kedung Dendeng, Desa Jupuhrapah, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang.

“Bakti Sosial inisebagai wujud kepedulian kita kepada warga yang masih kekurangan, serta terdampak dengan adanya pandemi Covid-19. Adalah merupakan kewajiban kita untuk memperhatikan dan turut serta membantu masyarakat, karena itu merupakan tanggung jawab kita semua,” kata Letkol Inf Triyono.

Letkol Inf Triyono menambahkan, dengan adanya kegiatan ‘Trabas Sobo Deso’ ini diharapkan selain untuk membina kemanunggalan TNI dengan rakyat, kegiatan ini juga merupakan tantangan bagi para Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0814 Jombang.

“Untuk mengenal dan menjadi pelopor untuk mengatasi kesulitan masyarakat di wilayah binaannya,” tegas Letkol Inf Triyono.(rif)

Tags: