Kodim 0815 Mojokerto Gelar Operasi Militer Non Perang Rawan Bencana

Tampak dalam foto Dandim 0815 Mojokerto selaku Dansatgas PRCB sedang memberikan Komando.

Mojokerto. Bhirawa
Tiga Kecamatan Rawan Bencana yakni Kecamatan Trawas. Kecamatan Pacet dan Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto yang sering dilanda tanah longsor, Banjir jika musim hujan tiba, serta Kebakaran Hutan jika musim kemarau. Pada minggu ke empat bulan Juni 2020 telah menjadi sasaran Operasi Militer Selain Perang oleh Kodim 0815 Mojokerto.

Operasi Militer Selain Perang( OMSP ) ini tidak lain untuk membantu Pemerintah Daerah Di Wilayah Kabupaten Mojokerto khususnya dalam Penanggulangan Bencana Alam & Bantuan Kemanusiaan..

Dandim 0815/Mojokerto, Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, SH., selaku Dansatgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Kabupaten Mojokerto dalam Lat Posko – 1 Kodim 0815/Mojokerto, saat dikonfirmasi, minggu 28/6/20 mengungkapkan, Latihan Posko ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan antara Komandan dan Staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi serta komando dan pengendalian dalam penanggulangan bencana alam di wilayah.

Latihan Posko – 1 kali ini, disesuaikan dengan kondisi geografi wilayah Kabupaten Mojokerto, khususnya bagian selatan, yang merupakan daerah pegunungan yang berpotensi terjadinya bencana alam, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor.
Dalam latihan ini, disimulasikan terjadi bencana alam di kawasan rawan bencana (KRB) meliputi wilayah Kecamatan Pacet, Trawas dan Gondang. Kemudian PRCPB melakukan operasi penanggulangan bencana alam di ketiga wilayah tersebut yang terkonsentrasi di wilayah Kecamatan Pacet,” terangnya.

Lebih lanjut Dandim menambahkan, Kondisi ini disimulasikan, kita gelar Operasi Penanggulangan Bencana Alam dalam rangka membantu Pemda, dengan melibatkan sejumlah satuan dan instansi terkait,” selama 3 hari yang berakhir jum’ at kemarin, yang buka oleh Ws. Danrem 082/CPYJ, Mojokerto. Letkol. Arm.Benny Sutrisno S. Sos.ambah Alumni Akmil Angkatan 2000 Kecabangan Infantri. (min)

Tags: