Kota Madiun Kembali Berstatus Zona Hijau

Kota Madiun, Bhirawa
Untuk diketahui bersama, Kota Madiun kembali menyandang zona hijau persebaran Covid-19. Kabar gembira ini, diketahui melalui data gugus pusat, dan disampaikan melalui pengumuman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Senin, 20 Juli 2020 sekira pukul 00.00 WIB.

Karena itu, Wali Kota Madiun, Maidi menyatakan, setelah beberapa waktu lalu mendapatkan predikat kota pertama di Jawa Timur yang menyandang status zona hijau, kemudian berubah menjadi zona orange, setelah beberapa warga dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (TGTPPC) Kota Madiun semakin memperketat protokol kesehatan.Terutama warga luar Kota Madiun yang hendak masuk ke Kota Madiun, harus melalui Rapid Diagnostic Test terlebih dahulu.

“Pengunjung luar kota kita rapid. Contohnya, tenaga kesehatan, pekerja sosial kemudian akan ada pemandu lagu, semuanya kita rapid dulu, terutama yang berasal dari zona merah. Kalau ada yang hasilnya reaktif, langsung kita isolasi.”kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota Maidi, warga Kota Madiun yang bekerja diluar kota, kemudian dalam beberapa waktu sekali mereka harus pulang menjenguk keluarga, sebelum pulang kerumah, wajib memeriksakan diri ke Puskesmas. Bahkan Wali Kota bakal menggratiskan biaya rapid test bagi warga tersebut.

Wali Kota juga meminta kepada pihak keluarga, untuk tidak menerima yang bersangkutan pulang kerumah sebelum hasil rapid test dinyatakan non reaktif.

“Jangan sampai warga yang kerja di luar kota ini pulang merasa baik-baik saja, tapi ternyata positif kemudian menulari anggota keluarganya.Karena kasus yang terakhir kan begitu, pulang dari luar kota, statusnya positif, kemudian menulari anak istrinya,”ungkap Wali Kota.

Kota Madiun kembali berstatus zona hijau lanjutnya, tentu tak lepas dari upaya Pemkot Madiun bersama Forkopimda melalui Tim Gugus Tugas dan masyarakat dalam menangkal virus mematikan yang mewabah di seluruh penjuru dunia ini.Orang nomor satu di Kota Madiun ini menegaskan, masyarakat tidak boleh lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Karena itu, Wali Kota mengimbau masyarakat wajib mengenakan masker saat beraktifitas diluar, rajin mencuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan.”Jangan sampai perubahan zona hijau ini jadi orange lagi karena kita lengah atau meremehkan protokol kesehatan,”pungkasnya. [dar]

Tags: