KY Sosialisasikan Perekrutan Calon Hakim

hakim_agungSurabaya, Bhirawa
Tahun ini Mahkamah Agung (MA) dan Komisi Yudisial (KY) melaksanakan rekrutmen calon hakim (Cakim) untuk seluruh Indonesia.  Aka nada 350 lowongan hakim yang akan dibuka MA dan KY untuk tahun ini.
Taufiqurrahman Syahuri selaku Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY mengatakan, tahun ini ada sebanyak 350 hakim yang dibutuhkan. Sementara rekrutmen dilaksanakan pada September-Oktober tahun ini.
Mereka yang lolos rekruitmen, lanjutnya akan disebar di Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Agama (PA) dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di seluruh Indonesia.
“Bagi mereka yang lolos, akan ditempatkan di daerah yang relatif jauh,” ujar Taufiqurrahman di sela sosialisasi rekrutmen hakim oleh KY di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Kamis (11/9).
Lebih lanjut Taufiq menjelaskan, untuk sosialisasinya, ada empat daerah di Indonesia yang menjadi jujukan KY. Empat daerah itu salah satunya yakni di UIN Surabaya. “Kenapa di UIN Surabaya, karena disini memiliki banyak bibit hakim, terutama hakim agama (PA),” katanya.
Lanjutnya, untuk Pengadilan Agama, saat ini dibutuhkan sekitar 75 Hakim guna ditempatkan di PA. Mengenai rekrutmen ini, masih kata Taufiq, hal ini dilaksanakan oleh MA dan KY. Karena, menurut peraturan yang baru, jabatan Hakim bukan lagi sebagai PNS.
“Maka dari itu, proses rekrutmen akan dilaksanakan secara ketat,” tegasnya.
Diketahui, sosialisasi rekrutmen calon hakim ini digelar dalam bentuk seminar. Seratusan mahasiswa dan akademisi Fakultas Syariah dan Hukum hadir di acara tersebut. Selain Taufiq, menjadi pembicara dalam acara ini mantan hakim, Syahrul, dan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Sahid.
Sementara, Wakil Rektor III UINSA Ali Mufrodi berharap, alumni UIN Surabaya ambil bagian pada rekrutmen cakim tahun ini. Karenanya, harus dipersiapkan matang-matang agar dapat diterima menjadi Hakim yang dapat menjadi panutan sebuah keadilan yang hakiki.
“Untuk bisa diterima, syarat dan rukunnya harus dipenuhi. Dan ini akan didiskusikan pada kesempatan ini,” kata dia dalam sambutannya. [bed]

Tags: