Lonjakan Jalur Laut Bisa Tembus 10 Ribu Penumpang

23-kapal-feriSurabaya, Bhirawa
Meski sudah ada Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura, namun pihak ASDP(Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) memprediksi jalur laut masih diminati oleh para pemuddik lebaran.
“Tahun lalu sudah menembus angka 9772 penumpamg dan mungkin tahun ini bisa menembus 10 ribu penumpang,” ungkap Mardiyo staf operasional data ASDP Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ketika dijumpai di ruang kerjanya Kamis (22/5) kemarin.
Lebih jauh Mardiyo menjelaskan, prediksi itu bukan tanpa alasan, meskipun ada jembatan Suramadu yang bisa mengantarkan para pemudik dengan cepat ke tempat Pulau Madura, namun tidak pemudik yang senang menyeberang lewat laut menumpang kapal feri
Mardiyo mengakui, sejak adanya Jembatan Suramadu, penumpang yang lewat jalur laut turun sekitar 60%. Sehingga berdampak pada pengurangan armada laut yang dipersiapkan ASDP hanya 6 kapal. “Dari sekian kapal ini paling yang dipakai hanya 4 kapal saja,” tandasnya.
Bahkan sebelum adanya Jembatan Suramadu, pihak TNI AL juga memberikan bantuan dengan mengangkut para penumpang.
Nantinya pihak ASDP juga mempersiapkan posko yang akan dimulai dioperasikan pada 21 Juli sampai 5 Agustus 2014. Posko ini akan bekerja selama 24 jam untuk memberikan pelayanan bagi pemudik yang memanfaatkan jalur laut.
Di Posko ini juga akan dilengkapi tim medis untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi mereka yang membutuhkan. Kalau misalnya ada pemumpang yang tidak bisa ditangani Posko dengan tim medisnya maka akan dirujuk ke rumah sakit PHC yang ada di pelabuhan Tanjung Perak.  [ma]

Tags: