Masyarakat Sidoarjo Sadar Periksa AIDS

Sidoarjo, Bhirawa
Masyarakat Sidoarjo semakin sadar terhadap penularan HIV/AIDS, mencuatnya jumlah penderita AIDS di Sidoarjo kini mencapai sekitar 1.100 orang. Menurut Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sidoarjo, Hariadi Purwantoro, justru menunjukkan kesadaran masyarakat Sidoarjo yang tinggi untuk memeriksakan dirinya, positif apa tidak.
”Malah kalau tak lapor akan bahaya. Sebab bisa menularkan pada orang lain,” kata Hariadi Kamis (20/3) kemarin.
Menurut Hariadi, masyarakat justru lebih baik tahu lebih dini. Sehingga kalau memang positif bisa segera diobati dan tak sampai menularkan pada orang lain. Tentang jumlah kasus penderita HIV/AIDS di Kab Sidoarjo yang hingga kini mencapai 1.100 orang itu berasal dari kasus 10 tahun terakhir, dan baru terdeteksi pada akhir tahun ini. ”Jumlah itu terdeteksi karena mulai ada kesadaran dari masyarakat yang mau memeriksakan dirinya,” katanya.
Hariadi juga menjelaskan, untuk mencegah perkembangan HIV di Sidoarjo KPA sudah bekerja sama dengan semua elemen masyarakat di Sidoarjo yang peduli HIV/AIDS. Diantaranya di lingkup kabupaten, kecamatan, sekolah, perguruan tinggi dan lainnya. Agar sadar tak melakukan perbuatan yang termasuk beresiko tinggi.
Dari 18 Kecamatan di Kab Sidoarjo, lima kecamatan dievaluasi (KPA) Sidoarjo termasuk dalam kategori rawan berkembanganya HIV/AIDS. Lima kecamatan itu diantaranya Krian, Taman, Waru, Sidoarjo kota dan Porong.
Sementara Fery Effendi, Pengelolah Program KPA Sidoarjo, Kec Krian masuk dalam kategori rawan HIV/AIDS sebab di daerah ini terdapat dua lokalisasi, yakni Krengseng  dan pasar sapi.
Di Kec Waru, karena dekat dengan Kota Metropolis Surabaya, yang banyak pengguna Narkoba suntik yang bisa menularkan HIV/AIDS. Di Sidoarjo Kota, selain ada pecandu narkoba suntik banyak, juga ada lokasi Waria dan lokasi Wanita Tuna Susila (WTS).
Sedangkan di Kec Taman, selain juga dekat perbatasan dengan Surabaya, di daerah ini juga banyak lokasi Waria dan homoseks. Sementara di Kec Porong, ada lokalisasi tangkis porong indah (TPI). [ali]

 

Tags: