Musim Kemarau, Picu 14 Kebakaran Rugikan Rp1 M

87kebakaran-1Lumajang, Bhirawa
Musim kemarauĀ  yang masih berlangsung ini di Kab Lumajang terjjadi sebanyak 14 peristiwa kebakaran. Kebakaran ini menimpa rumah maupun lahan pertanian, khususnya yang ditanami tebu. ”Kebakaran ini terjadi di sejumlah wilayah Kecamatan, diantaranya Klakah, Sukodono dan sejumlah Kecamatan lainnya,” kata Purwanto, SH Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang.
Ia menambahkan, sesuai data laporan pada BPBD, kebakaran menimpa rumah dan lahan tebu. ”Penyebabkan bermacam-macam, mulai korsleting listrik, kelalaian karena lupa mematikan alat memasak, yakni kompor,” paparnya.
Termasuk kelalaian lainnya, semisal disebabkan penerangan tradisional seperti lilin atau lampu minyak hingga sembarangan membuang puntung rokok. ”Bahkan ada kelalaian yang disebabkan anak bermain korek api di rumahnya,” ungkap Purwanto.
Lebih lanjut Purwanto mengungkapkan untuk kebakaran lahan pertanian tebu, dipicu kelalaian warga masyarakat yang membuang puntung rokok. ”Karena saat ini musim kering, apapun yang menjadi pemicu api di lahan pertanian, berpotensi menjadi penyebab kebakaran,”tandasnya. [yat]

Tags: