Mutasi, Siap Usut Pungli Mulai Perwira Hingga Tingkat Terbawah

Suasana sertijab 4 Perwira Polres Batu yang dilaksanakan di Rupatama Mapolres Batu, Kamis (3/1).

Kota Batu, Bhirawa
Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kota Batu, AKBP Budi Hermanto siap mengusut anak buahnya yang melakukan atau terlibat dalam aksi pungutan liar (pungli). Hal ini ia tegaskan saat memutasi 4 jajarannya dan melaksanakan serah terima jabatan (sertijab) di Rupatama Mapolres Batu, Kamis (3/1).
“Kalau saya temukan adanya pungli dalam pemberian layanan masyarakat, saya akan usut dan proses sampai tingkat terbawah. Ini sudah menjadi komitmen kita bersama dan sebagai perwira harus bisa menjadi contoh bagi bawahannya,”ujar Budi Hermanto saat memimpin sertijab.
Ada 4 Perwira di jajaran Polres Batu yang kemarin dimutasi. Mereka adalah AKP Sahraku, AKP H.Moh.Lutfi, AKP Joko Tresno Widodo, dan AKP Supriyanto. Semula AKP Sahraku menjabat sebagai Kapolsek Ngantang yang dimutasi menjadi Kapolsek Pagak Kabupaten Malang. Kemudian AKP H.Moh.Lutfi yang semula menjabat sebagai Kasat Sabhara Polres Malang ditarik menjadi Kapolsek Ngantang Polres Batu.
Selanjutnya, AKP Joko Tresno Widodo yang semula menjabat sebagai Kapolsek Kasembon dimutasi sebagai Kasat Reskrim Polres Blitar. Dan yang terakhir AKP Supriyanto yang semula menjabat sebagai Kabag Humas Polres Batu dimutasi menjadi Kapolsek Kasembon.
Kepada para perwiranya, Budi Hermanto mengingatkan untuk terus mengembangkan semangat anti pungli dan anti korupsi. Karena dengan semangat ini maka Polres Batu sukses meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) beberapa waktu lalu. Sebuah predikat yang membutuhkan kerja keras untuk meraihnya.
“Untuk membangun semangat anti pungli dan anti korupsi di wilayah Polres Batu hingga meraih WBK membutuhkan kerja keras dan biaya yang tidak murah. Dan kali ini mempertahankan WBK ini jauh lebih sulit daripada meraihnya,”tambah Budi Hermanto.
Dan karena meraih WBK membutuhkan biaya yang tidak murah maka sudah menjadi keharusan untuk mempertahankan bahkan meningkatkan ke tingkat yang lebih tinggi. Kapolres mencontohkan bahwa tunjangan Polisi berpangkat Bripda di Polres Batu sama dengan tunjangan Polisi berpangkat Briptu di Pare Kediri.(nas)

Tags: