P3M Sidoarjo Beri Ruang Partisipasi Warga

P3M Beri Ruang Partisipasi WargaSidoarjo, Bhirawa
Sub Bagian Pusat Pelayaanan Pengaduan Masyarakat (P3M) sangat tepat sekali sebagai salah satu mekanisme keterlibatan warga dalam pembangunan, dan sudah dipandang cukup memberi ruang kepada warga untuk ikut berpartisipasi dalam proses pembangunan.
Hal ini ditegaskan Kresna, narasumber dari Prima Kinerga Consultant dalam acara Lokakarya Review Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3) sebagai media local, serta keterlibatan masyarakat di bidang air dan sanitasi di wilayah Kab Sidoarjo, di Ruang Delta Wicaksana Sekretariat Daerah Kab Sidoarjo.
Kresna sangat yakin kalau pada akhirnya, P3M nanti bisa menjadi bagian dari pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah. Karena dipandang cukup memberi ruang kepada warga untuk ikut berpartisipasi dalam proses pembangunan.
Sementara itu untuk membangun kesepahaman dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan disektor sanitasi. Dari hasil analisis finansial dan teknis pada studi kelayakan tentang pengembangan pengelolaan air juga telah dipresentasikan oleh IUWASH (Indonesia Urban, Water, Sanitasion, and heygen) dalam acara tersebut.
Proesesi lokakarya itu sendiri telah dibuka Asisten Administrasi Umum, Kissowo Sidi Haneko Putro SH MH didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol, Machmudi Alie SH. Para peserta berasal dari SKPD terkait, serta para Camat se- Kabupaten Sidoarjo.
Kissowo menyambut baik program IUWASH yang bekerjasama dengan P3M Kab Sidoarjo, ini merupakan terobosan baru untuk pemenuhan air bersih dan sanitasi yang semakin dibutuhkan¬† masyarakat Sidoarjo. Pelaksanaan Program IUWASH di Kab Sidoarjo ini sangat tepat. ”Karena akhir-akhir ini banyak pengaduan masyarakat lewat media elektronik (radio) terkait penyediaan air bersih oleh PDAM,” katanya.
Sedangkan untuk pelaksanaan program IUWASH sendiri telah dipercayakan kepada Prima Kineja Consultant untuk mengimplementasikan salah satu aktivitas program IUWASH, yakni program pengembangan media lokal sebagai mekanisme keterlibatan warga di Kab Sidoarjo. [ach]

Keterangan Foto : Suasana lokakarya dalam pembahasan air dan sanitasi. [achmad suprayogi/bhirawa]

Tags: