Pangdam V Santuni 150 Anak Yatim dan Warga Tak Mampu

Pangdam didampingi istri sedang membagikan bingkisan kepada 150 warga Trowulan yang kurang beruntung. [hasan amin/bhirawa]

(Puncak Peringatan HUT Kodam V/Brawijaya) 

Mojokerto, Bhirawa
Sedikitnya 150 warga Mojokerto yang kurang beruntung, terdiri dari 100 anak yatim dan 50 warga tidak mampu di puncak peringatan HUT Kodam V/Brawijaya ke 70, yàng mengambil tempat di Pendopo Agung Trowulan Kab Mojokerto. Disantuni Pangdam V/Brawijaya, Minggu malam (16/12) lalu.
Pendopo Agung Trowulan memang sudah menjadi kalender tahunan sebagai tempat gelaran puncàk peringatan HUT Kodam V/Brawijaya. Hal ini tidak lain karena ada benang merah yang kuat antara Kerajaan Mojopahit dengan Pendopo Agung dan juga Kodam V/Brawijaya.
Sebagaimana disampaikan Pamgdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman dalam sarasehan, puncak peringatan HUT Kodam V/Brawijaya, suatu dinasti Kerajaan Majapahit yang telah berhasil mempersatukan wilayah nusantara dan menjadikan Majapahit sebagai Kerajaan yang mampu mencapai kejayaan yang gemilang.
”Sifat – sifat kepemimpinan, keperwiraan dan keprajuritan yang dimiliki Prabu Brawijaya dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada segenap Prajurit Kodam V /Brawijaya dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Maka melalui sarasehan ini diharapkan semua harus lebih menghayati makna dibalik penggunaan nama Brawijaya sebagai simbol Kodam V/Brawijaya. Sifat kepemimpinan, keperwiraan dan Keprajuritan Prabu Brawijaya patut diteladani,” tandas Pangdam.
Lebih lanjut dijelaskan Pangdam, semangat kejuangan Raja Brawijaya yang mampu mempersatukan nusantara serta selalu dekat dan hadir di tengah-tengah rakyat, diharapkan dapat tercermin dalam sikap maupun perilaku setiap Prajurit Kodam V/Brawijaya.
Untuk mengenang para pemimpin bangsa ini maka digelar kegiatan sarasehan yang merupakan suatu tradisi untuk memperingati HUT Kodam V/Brawijaya, seraya berdoa kepada Tuhan Yang Mahakuasa agar Kodam V/Brawijaya diberikan keselamatan, kekuatan, kemudahan dan kesuksesan dalam menjalankan tugas demi kejayaan, kesatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.jelas pangdàm.
Sementara itu, sesepuh Kodam V/Brawijaya, Letjen TNI Pur Moergito, yang juga Pangdam V/Brawijaya Ke-20, menyampaikan pesan yang dibingkai dengan judul Pelestarian Keluhuran Keprabuan Brawijaya dan di akhir wejangannya, Sesepuh Kodam V/Brawijaya itu mengucapkan Selamat HUT Kodam V/Brawijaya Ke-70 semoga tetap jaya.
Hadir dalam kesempatan itu Ketua Persit KCK PD V/Brawijaya mendampingi Pangdam menyerahkan bingkisan secara simbolis, kepada 100 orang anak yatim dan 50 orang masyarakat sekitar dilanjutkan pementasan sendra tari Sumpah Amukti Palapa.
Adapun urutan acara kegiatan sarasehan diawali kehadiran Pangdam V/Brawijaya disambut Tari Mayang Rontek sebagai ucapan selamat datang. Kemudian diisi doa oleh Danramil 0815/02 Trowulan Kapten Inf Herman Hidayat, dilanjutkan ramah tamah seraya menyaksikan vidio Lintasan Sejarah Majapahit.
Juga hadir Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Bambang Ismawan SE MM, Irdam V/Brawijaya, Danrem 082/CPYJ Kolonel Arm Budi Suwanto SSos, Para Danrem Jajaran Kodam V/Brawijaya beserta Isteri, Asrendam dan para Asisten Kasdam V/Brawijaya, Ka Balak dan Dan/Ka Bapras Jajaran Kodam V/Brawijaya, Dandim 0815 Letkol Kav Hermawan Weharima, SH beserta Forkopimda Kabupaten dan Kota Mojokerto, Para Dandim jajaran Kodam V/Brawijaya, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan segenap 150 orang. [min]

Tags: