Peduli Lingkungan Kelompok Tani Pesisir Selatan Trenggalek Budidaya Mangrove

Trenggalek,Bhirawa
Peduli lingkungan hidup, Kelompok Tani Pesisir Selatan Trenggalek membudidayakan mangrove untuk ditanam kembali di pesisir pantai Cengkong Watulimo Trenggalek.
Babinkamtibmas Brigadir Pravilala Selvanus Gemaryadi menceritakan di pesisir Pantai Selatan Pantai Cengkrong Desa Karanggandu, kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek dulu adalah hutan bakau yang sangat luas .
Hutan Bakau ini, kata Pravilala, banyak ditebang oleh masyarakat dan dijual untuk kayu bakar.” Kemudian dengan tidak adanya hutan mangrove laut jadi kotor dan ekosistem beserta biota laut mulai punah,” ujarnya.
Kerusakan ini membuat sejumlah tokoh masyarakat prihatin dan mulai melakukan usaha perbaikan lingkunga. Slah satunya pihak Babinsa . Awalnya mulanya , kata Pravilala, sulit dari membangun kesadaran masyarakat untuk memulai menanam pohon mangrove, mereka lebih mementingkan untuk di ditebang yang langsung bisa dijual, harga jualnya kan cukup tinggi.
“Dengan adanya gerakan Ayo kita Tanami pesisir laut supaya tidak abrasi dan tidak rusak mari kita Tanami pohon mangruve ,supaya di kehidupan mendatang bisa dinikmati oleh masyarakat, lebih lanjut kalau lingkungan terjaga di sini tidak ada musim musiman melaut setelah ikan tidak musim kita bisa memanfaatkan mencari kepiting, kerang maupun lopster yang dijual dan ada yang dibudidayakan lagi.” Tuturnya.
Kemudian masyarakat menerima pemikiran perlunya menjaga kelestarian hutan mangsrove supaya di kehidupan berikutnya anak cucu bisa menikmatinya
Kelompk Tani Pesisir cengkrong sendiri mulai dibentuk tahun 2010 dan pembinaan kelompok masyarakat yang salah satunya kelompok Kijung samudra dan juga didampingi dari universitas Brawijaya .
“kita dapat Dapat ilmu menanam pohon mangrove juga untuk pemanfaatan buah bisa di diolah untuk Mamin (makanan dan minuman) seperti membuat sirup mangruve ,kopi, teh dan yang lainnya,” terang nya.
Kelompok tani masyarakat Cengkrong saat ini bisa memanfaatkan pengolahan buah pohon mangrove dari kerja keras sejak tahun2010 hingga saat ini. Hasil pengolahan sirup mangrove selain sudah bisa di manfaatkan masyarakat sekitar ,saat ini pemasaran hasil buah mangrove sudah sampai Surabaya dan sekitarnya terutama yang laku magelang dan magetan madiun yang menikmati olahan buah mangrove. (wek)

Tags: