Pemerintah Kabupaten Nganjuk Rapid Tes 876 Petugas Sensus Penduduk

Wabup Nganjuk Marhaen Djumadi.(ristika/bhirawa)

Nganjuk, Bhirawa
Sejumlah 876 orang petugas Sensus Penduduk tahun 2020 dilakukan rapid tes Pemkab Nganjuk untuk mencegah penyebaran covid 19. Langkah ini dilakukan untuk memberikan kepastian kepada warga masyarakat Kabupaten Nganjuk kalau petugas sensus telah memenuhi protokol kesehatan.

Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, selain melakukan rapid tes kepada seluruh petugas Sensus Penduduk juga dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD). Seluruh petugas Sensus Penduduk di Kabupaten Nganjuk harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. “Kegiatan Sensus Penduduk tahun ini memang cukup berat ditengah Pandemi Covid-19, dan masyarakat tidak perlu khawatir ketika didatangi petugas Sensus Kependudukan yang wajib mengikuti protokol kesehatan,” kata Marhaen Djumadi.

Lebih lanjut dijelaskan Marhaen Dumadi, Sensus Penduduk merupakan program Nasional yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Dimana Sensus Penduduk tahun 2020 ini sendiri bertujuan untuk menghasilkan satu data kependudukan yang akurat dan terupdate. Ini dikarenakan data penduduk tersebut merupakan data dasar untuk membuat rencana diberbagai bidang. Tidak hanya bermanfaat untuk membuat perencanaan masa kini, tapi juga membuat peoyeksi sampai tahun 2050 mendatang. “Makanya, Sensus Penduduk itu sangat penting untuk mengetahui data kependudukan terupdate di Kabupaten Nganjuk,” ucap Marhaen Djumadi.

Disamping itu, ungkap Marhaen Djumadi, dengan data penduduk hasil Sensus Penduduk tersebut bisa digunakan oleh Pemerintah Daerah diantaranya untuk mengetahui berapa sekolah yang akan dibangun, berapa jumlah fasilitas kesehatan yang akan di bangun, berapa jumlah beras harus tersedia setiap hari, dan juga semua perencanaan pembangunan yang melibatkan aspek penduduk. “Dan data penduduk dari Sensus Penduduk itu juga untuk swasta dan masyarakat luas dalam rangka mengetahui potensi yang ada untuk dapat dikembangkan nantinya,” tandas Marhaen Djumadi.

Untuk itu, tambah Marhaen Djumadi, melihat pentingnya data kependudukan itu dan demi suksesnya kelancaran Sensus Penduduk tahun 2020 ini maka Pemda Nganjuk memerintahkan kepada seluruh masyarakat di Kabupqten Nganjuk untuk mensukseskan Sensus Penduduk tahun 2020, termasuk Camat, Kades/Lurah sampai RT/ RW. “Berikan dukungan penuh kepada petugas Sensus Penduduk untuk mendapatkan data akurat dengan memberikan data sebenarnya yang diminta untuk dijawab. Keakuratan data penduduk yang diberikan sama artinya memberikan dukungan penuh kepada pembangunan daerah yang direncanakan dan dijalankan,” pungkas Marhaen Djumadi.(ris)

Tags: