Perbaikan Pipa PDAM, Warga Krembangan Surabaya Harus Antri Air

30-foto antrian air bersih (4)Surabaya, Bhirawa
Adanya perbaikan koneksitas jaringan pipa air di Jalan Indrapura, Surabaya berdampak pada warga sekitar lokasi. Salah satunya adalah wilayah Krembangan Bhakti yang sejak Minggu (25/5) sulit untuk mendapatkan air bersih. Sampai hari ini, Kamis (29/5) air bersih itu belum bisa difungsikan oleh warga yang terbilang padat penduduknya.
Masyarakat pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) terlihat tumpah ruah ke luar rumah untuk antri air bersih dengan membawa jerigen atau bak mandi plastik. Hal ini dikarenakan layanan air bersih oleh  PDAM sudah empat hari tidak keluar.
Sekertaris PKK Krembangan, Irwana mengatakan, sangat kesusahan sejak enam hari dari kemarin, rata-rata warga disini ibu rumah tangga yang membutuhkan air. Apalagi di wilayah Krembangan Bhkati tidak ada sumur, sehingga pekerjaan rumah tangga berhenti. Setiap siang malam harus mengangkut air yang dikirim PDAM oleh mobil tangki berisi air bersih.
” Kita belum tahu kepastiannya air bisa keluar seperti semula dari pihak PDAM, kami bersama warga setiap hari masak harus angkut-angkut air?,¬† jadi setiap hari kita harus laporan bahwa air masih belum keluar, baru pasokan air yang diangkut mobil dikirim,” paparnya.
Selain itu, tambah Irwana, beberapa warga ada yang antre di sebuah keran mobil PDAM yang ada di depan gapura untuk mendapatkan air bersih, yang hanya bisa dipakai untuk keperluan memasak dan minum. Sedangkan untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK) ditakutkan tidak cukup.
“Airnya juga bau kaporitnya pekat, jadi sedikit takut untuk buat memasak ataupun untuk diminum,” tambah Irwana yang juga warga Krembangan Bhakti X.
Yohanes warga Krembangan Jaya Selatan mengatakan, pengiriman air sudah terpenuhi sesuai permintaan. warga masih menunggu kepastian dari PDAM kapan air bisa beroperasi kembali. ” warga sini masih menunggu kepastian kapan bisa beroperasi kembali terkait air bersih mengalir kembali, setelah ada perbaikan,” tuturnya sambil antri air. [geh]

Keterangan Foto : Warga Krembangan Bhakti, Kamis (29/5) mengantri pasokan air bersih dari PDAM, macetnya air dikarenakan adanya perbaiakan koneksitas jaringan pipa air di Jalan Indrapura, Surabaya. [geh/bhirawa]

Tags: