Perusahaan Daerah Air Minum Kota Batu Rombak 21 Pejabat

Dirut PDAM Kota Batu, Eddy Sunaedy.

Kota Batu,Bhirawa
Selama 3 tahun terakhir, PDAM Kota Batu telah berhasil menambah sebanyak 3.600 pelanggan baru. Dan untuk memperbaiki mutu pelayanan di tahun 2019, PDAM Kota Batu melakukan ‘penyegaran’ dengan merombak Struktur Tata Organisasi Kelembagaan (STOK). Ada sebanyak 21 pejabat di lingkungan PDAM Kota Batu yang di tahun ini menempati jabatan baru.
Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Batu, Eddy Sunaedy menjelaskan bahwa perombakan STOK ini dilakukan untuk melaksanakan 3misi yang harus dicapai. Yaitu, misi Pelayanan, misi peningkatan SDM, dan misi Pendapatan. “Dan perombakan STOK PDAM ini juga mengacu pada PP 54 tahun 2015. Untuk perombakan itu pun sudah disetujui Wali Kota Batu,” ujar Eddy Sunaedi, Jumat (4/1).
Ia menjelaskan dalam perombakan ini ada 3 Kabag, 13 Kasi dan 5 Kasubsi yang kini menempati jabatan baru. Adapun untuk merombak para Kabag, hal ini didasarkan hasil tes kompetensi telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Edy menyebutkan saat ini Kabag Teknik dijabat Dwi Puji Santoso, Kabag Hubungan Pelanggan dijabat Hairul Anam, dan Kabag Administrasi dan Keuangan dijabat Eka Tejawati.
“Untuk mewujudkan tiga misi ini kita membutuhkan adanya peningkatan kedisiplinan. Selain itu administrasi yang benar dan kompetensi SDM yang harus terus meningkat,”tambah Edy Sunaedy yang akrab disapa Shokheh.
Ia mengaku sejak menjabat Dirut PDAM tiga tahun lalu, ada peningkatan pendapatan yang diraih PDAM Kota Batu. Menurut dia, mengawali jabatannya di tahun 2015, pendapatan kotor PDAM sebesar Rp 912 juta. Lantas di tahun 2016 bisa mencapai Rp 1,3 miliar dan tahun 2017 mencapai Rp 1,6 miliar.
“Alhamdulillah dengan perputaran waktu pendapatan PDAM Kota Batu terus meningkat. Saya targetkan  di tahun ini pendapatan PDAM senilai Rp 2,1 miliar,” jelas Shokheh.
Meski pendapatan tiap tahun ditarget meningkat, kata Shokeh,  konsepnya tak harus berupa uang. Namun juga bisa berupa laba humanis produktif. Yaitu, laba yang menimbulkan kepuasan pelanggan, pegawai dan kesejahteraan pegawai.
Adapun produktif yang dimaksud bahwa laba yang diraih juga harus bisa meningkatkan jumlah pegawai sehingga bisa membuka peluang pekerjaan baru. Dan perkembangan yang diraih ini sejalan dengan jumlah pelanggan PDAM harus terus meningkat.
Pada tahun 2015 sejumlah pelanggan PDAM Batu sebanyak 10.700 pelanggan. Kemudian dalam 3 tahun berjalan maka di tahun 2018 jumlah itu bertambah menjadi 14.300 pelanggan. Adapun di tahun ini ditargetkan jumlah pelanggan PDAM Kota Batu bisa mencapai angka 20.000 pelanggan.(nas)

Tags: