Philips Perkuat Pasar Alkes di Jawa Timur

23-Philips-HealthcareSurabaya, Bhirawa
Guna memperkuat pasar alat kesehatan di Jatim, Royal Philips membuka kantor cabang di daerah Surabaya. Kantor yang terletak di kawasan Rungkut Indutri Surabaya ini dinilai pihak pengelola dapat meningkatkan penjualan alat-alat kesehatan.
Head of Imaging System Philips Healthcare Jakarta Teguh E Purwanto mengatakan, sebagai perusahan besar Philips ingin mengembangkan pasar sampai ke Indoensia bagian timur khususnya Jatim. Menurutnya, banyak peluang yang akan digarap Philips dalam memasarkan produknya di Jatim salah satunya rumah sakit. Jika dilihat saat ini jumlah rumah sakit di Jatim jumlahnya mencapai 350 rumah sakit dan semua rumah sakit berpotensi besar untuk memakai alat-alat kesehatan produksi Philips. ”Jika ditotal rumah sakit di seleruh Indonesia mencapai 2000 rumah sakit dan 350 rumah sakit berada di Jatim,” ujarnya.
Teguh menyatakan, kantor baru Philips Healthcare akan siap melayani penjualan alat-alat kesehatan seperti radi X-rays, computed tomography (CT) scans, magnetic resonance imaging (MRI). Selain itu Philips Healthcare juga melayani pembelian spart part atau suku cadang alat kedokteran. ”Kita ingin para pengguna alat kesehatan dapat membeli dan menservice alat-alat kesehatan yang rusak di Philips Healthcare,” harapnya.
Lebih lanjut ia menyatakan, pembukaan kantor cabangĀ  Philips Healthcare di Surabaya diharapkan dapat menaikkan jumlah penjualan alat-alat kesehatan Philips. Dari target yang ditetapkan diharapkan penjualan alat-alat kesehatan produksi Philips tahun ini meningkat. ”Untuk angka penjualan tahun ini kita belum bisa mengkalkulasi berapa peningkatannya. Yang terpenting ada kenaikan apakah itu 5 persen atau 10 persen,” jelasnya.
Menanggapi pernyataan di atas, Ketua Humas Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Dr Samsul Arifin MARS, mengungkapkan, dirinya mendukung upaya Philips Healthcare dalam memasarkan produk alat-alat kesehatan. Sebagai produsen penghasil alat-alat kesehatan diharapkan Philips menangkap peluang. ”Saat ini Surabaya mau jadi kota wisata kesehatan, sehingga pembukaan kantor cabang Philips Healthcare sangat tepat,” tuturnya.
Dijelaskannya, saat ini banyak dari rumah Surabaya dan Jatim berlomba-lomba untuk meningkatkan akreditasi rumah sakit, Menurutnya, sesuai dengan target Surabaya menjadi kota wisata kesehatan peningkatan mutu dan pelayanan rumah sakit sangat menentukan. ”Jika peralatan yang ada di rumah sakit baik dan berkualitas maka pelayanan kepada para pasien akan baik,” ujarnya. [dna]

Tags: