Polres Malang Imbau Waspada Upal Jelang Pilpres

UPALKab Malang, Bhirawa
Polres Malang mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Malang selalu waspada saat bertransaksi dengan uang. Sebab, di saat kampanye pemilihan presiden (pilpres) dan  memasuki bulan suci Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri selalu dimanfaatkan pelaku pengedar uang palsu (upal).
“Untuk itu, kami melakukan pengawasan secara ketat terkait dengan beredarnya upal di wilayah Kabupaten Malang. Sebab, pelaku pengedar upal telah memaanfaatkan momen seperti kampanye pilpres dan bulan puasa seperti sekarang ini. Sehingga masyarakat harus berhati-hati jika menerima uang dari siapapun,” kata Kasat Reskrim Polres Malang AKP Wahyu Hidayat SIK, Minggu (29/6), saat dihubungi melalui telepon selulernya.
Selain itu, ia melanjutkan, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan  agar tidak tertipu oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang mengedarkan upal. Sedangkan sasasaran para pengedar upal tersebut biasanya di tempat kesibukan masyarakat, seperti pasar, warung-warung, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), mini market hingga penjaja makanan kuliner. Bahkan, saat kampanye pilpres juga disinyalir menjadi ajang beredarnya upal.
“Beredarnya upal yang terbesar yakni di warung dan toko-toko kecil, karena di toko dan warung kecil tersebut saasaran yang paling empuk pelaku kejahatan pengedar upal. Sehingga jika ada orang yang mencurigakan secepatnya laporkan ke polisi terdekat. Sebab, untuk menangkap pelaku kejahatan apapun termasuk pelaku pengedar upal, harus ada peran aktif masyarakat,” papar Wahyu, yang juga mantan Kasat Rekrim Polres Tuban.
Menurutnya, untuk mengantisipasi agar tidak mendapatkan uang palsu, maka khususnya semua pemilik usaha untuk memiliki alat pendeteksi uang. Hal ini untuk mengetahui bila menerima uang yang dicurigai sebagai upal dapat cepat terdeteksi. Sebab, bila tidak memiliki alat pendeteksi, maka harus paham 3 M, yatu dengan cara melihat, meraba, dan menerawang uang tersebut.
Dalam kesempatan itu, wahyu menambahkan, selain polisi meningkatkan kewaspadaan terhadap uang palsu, pihaknya juga meningkatkan pengamanan terhadap pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian sepeda motor (curamor), dan kejahatan yang lainnya di wilayah kerja Polres Malang. Sebab, selama bulan Ramadhan tingkat kejahatan selalu terjadi peningkatan. [cyn]

Tags: