Puskesmas Prambon Motivasi Penderita Hipertensi Berobat Teratur

drg Supartini Silaningsih. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Karena kurang kesadaran yang tinggi, masih banyak warga penduduk di wilayah Kec Prambon, Kab Sidoarjo, yang telah didiagnosa punya riwayat hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi, sehingga mereka tidak rutin mengontrol kesehatannya.

Menurut Kepala Puskesmas Prambon, drg Supartini Silaningsih, dari 3.429 keluarga di kecamatan itu yang keluarganya memiliki riwayat penyakit tersebut, dievaluasi hanya sekitar 32.7% saja yang berobat teratur. “Walau Hipertensi termasuk penyakit tidak menular atau PTM, tapi penyakit ini berbahaya. Sehingga harus sering kontrol kondisi kesehatannya,” kata drg Supartini, belum lama ini.

Karena kesadaran warga yang minim, membuat pihak Puskesmas Prambon, kata drg Supartini, harus jemput bola dengan turun ke desa-desa untuk mengingatkan penderita, supaya mencegah dan mengelolah penyakit hipertensi tersebut. “Jangan sampai diremehkan,” lanjutnya.

Kegiatan yang diberi nama Cerdik Aku yang merupakan kepanjangan dari “cegah hipertensi didik masyarakat aktif kontrol ukur tekanan darah ” itu, petugas Puskesmas Prambon secara berkala datang ke desa dengan melibatkan pihak desa dan peran serta warga desa setempat.[kus]

Tags: