Raih Piala Adipura, Pemkab Situbondo Gelar Tumpengan

9-AWI-adipura2Situbondo, Bhirawa
Keluarga besar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo bersama seluruh masyarakat kota Santri layak berbahagia karena tahun 2014 ini mampu meraih kembali Piala Adipura yang ketigakalinya secara berturut-turut. Penghargaan dibidang kebersihan dan lingkungan hidup tingkat nasional yang diraih Kota Bumi Sholawat Nariyah ini diterima langsung di Jakarta bersama tiga kabupaten/Kota kecil yang ada di Provinsi Jawa Timur.
Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH bersama Sekda Syaifullah serta Kepala Dinas Cipta Karya langsung menyambut keberhasilan yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat Situbondo tersebut. Namun demikian, penyambutan piala Adipura tersebut bukan dalam bentuk pawai melainkan dengan cara menggelar selamatan tumpengan. Ikut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di lantai dua Pemkab Situbondo, para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemkab Situbondo.
Tak ketinggalan, sejumlah petugas kebersihan Dinas Cipta Karya Kab Situbondo juga turut hadir dalam kegiatan tumpengan yang diawali dengan kegiatan pembacaan shalawat nariyah dan doa bersama.
“Kegiatan ini dilaksanakan¬† sebagai rasa wujud syukur kami atas diraihnya¬† penghargaan piala Adipura tahun 2014 ini,” ungkap Bupati Dadang dengan wajah berseri-seri Jumat (6/6).
Menurut Bupati Dadang, penghargaan piala Adipura ini merupakan keberhasilan masyarakat Situbondo. Karena itulah, kata orang nomor satu di jajaran Pemkab Situbondo itu, ia patut mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam menjaga dan mengelola kebersihan serta lingkungan perkotaan, terutama tentang pengelolaan sampah,” tutur Bupati Dadang Wigiarto.
Sementara itu, H Sumadin, Kepala Dinas Cipta Karya Kab Situbondo, menandaskan, suksesnya pencapaian piala Adipura dalam tiga tahun berturut-turut, tidak bisa dilepaskan dari keberadaan bank sampah di Situbondo yang notabene memiliki dampak bagi peningkatan ekonomi kalangan pemulung. “Terbukti omzet bank sampah tiap bulannya kian meningkat hingga bisa mencapai puluhan juta rupiah,” tegas H Sumadin.
Dengan omzet yang cukup menggiurkan ini, masih kata H Sumadin, bank sampah tak hanya berfungsi sebagai tempat pengelolaan sampah, melainkan memiliki nilai bisnis yang cukup menggiurkan dimasa mendatang,” papar mantan Kabag Pembangunan itu. [awi/adv*]

Keterangan Foto : Bupati Dadang Wigiarto SH bersama Sekda Syaifullah dan Kadis Cipta Karya H Sumadin memamerkan piala adipura 2014 ditengah-tengah pasukan kuning usai potong tumpeng di lantai II Pemkab Situbondo, Jumat (6/6). [sawawi/bhirawa]

Tags: